Bupati Lobar Akui Sisakan Pekerjaan Rumah 6.000 Rumah Kumuh

Giri Menang (Suara NTB) – Persoalan rumah kumuh di Lombok Barat (Lobar) masih menjadi pekerjaan rumah (PR). Terdapat 6.000 lebih unit rumah kumuh yang belum ditangani Pemkab Lobar hingga saat ini. Untuk menangani ribuan unit rumah kumuh tersebut, dibutuhkan waktu 15 tahun. Lantaran kendala anggaran defisit yang dialami Pemkab Lobar sejak beberapa tahun terakhir.

Bupati Lobar Fauzan Khalid mengaku, masih banyak PR yang belum diselesaikan. Termasuk, rumah kumuh di di Lobar ada sekitar 6 ribuan. “Kita memang masih punya banyak PR, bahkan untuk rumah kumuh saja Kita angkatnya masih sekitar 6 ribuan,” sebut Bupati, akhir pekan kemarin.

Diakuinya, setiap tahun pemerintah daerah melakukan intervensi untuk pembangunan rumah tidak layak huni. Dalam setahun ada 300 sampai 400 unit yang diperbaiki.

Dengan total jumlah rumah yang mampu diperbaiki pemerintah daerah itu, diperkirakan membutuhkan waktu 15 tahun membangunkan rumah layak huni bagi 6 ribuan warga miskin itu. “Kita butuh waktu 15 tahunan untuk tangani. Karena itu perlu keterlibatan banyak pihak,” ujar bupati dua periode.

Oleh karena itulah, Fauzan mengaku sangat bersyukur ada bantuan dari Kemensos. Menurutnya, ini akan membantu daerah dalam upaya pengentasan kemiskinan. “Alhamdulillah Kemensos bersama Polda ikut bantu kita,” ungkapnya.

Ia menambahkan, angka kemiskinan juga masih tinggi. Seperti data Dinsos NTB menyebut angka kemiskinan di NTB mencapai 700 ribu lebih.

Kepala Dinas Sosial NTB Dr. H. Ahsanul Khalik, S.Sos., MH., menyebut angka kemiskinan di NTB mencapai di atas 700 ribu atau 13,78 persen. Dengan angka kemiskinan sebesar itu, 10 kabupaten/kota di NTB, belum memerhatikan dengan baik untuk pembangunan di bidang kesejahteraan sosial.

Hal itu disebabkan secara politik kurang berdampak, sebab hanya satu dua orang menikmati ketika dibangun rumah kumuh. Karena itu pihaknya berharap agar hal ini benar-benar menjadi perhatian serius kabupaten/kota. (her)







Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Sirkuit Mandalika Siap Gelar Balapan Mobil Perdana, Masyarakat Bisa Nonton Gratis

0
Praya (Suara NTB) - Untuk pertama kalinya, Pertamina Mandalika International Circuit bakal menggelar ajang balapan mobil pada tahun ini. Setelah sebelumnya sukses menggelar sejumlah...

Latest Posts

Sirkuit Mandalika Siap Gelar Balapan Mobil Perdana, Masyarakat Bisa Nonton Gratis

Praya (Suara NTB) - Untuk pertama kalinya, Pertamina Mandalika...

Pengumuman Hasil Tes PPPK 2023 Diumumkan 15 Desember

PROSES penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) memasuki...

APBD NTB 2024 Disahkan, Pj Gubernur : Pastikan Tata Kelola Pemerintahan Semakin Baik

Mataram (Suara NTB)-Rapat paripurna DPRD Provinsi NTB resmi mengesahkan...

Pemprov NTB Akhirnya Terima DBH Keuntungan Bersih PT AMNT Sebesar Rp107 Miliar

Mataram (Suara NTB) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB akhirnya...