SMPN 21 Mataram Jadikan ANBK untuk Mengukur Kompetensi Siswa

0

Mataram (Suara NTB) – SMPN 21 Mataram mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) pada Senin, 18 September 2023 dan Selasa, 19 September 2023. SMPN 21 Mataram menjadikan ANBK kesempatan untuk mengukur kompetensi para siswa.

Kepala SMPN 21 Mataram, Hj. Aminah pada Kamis, 21 September 2023 mengatakan, SMPN 21 Mataram mengikuti gelombang pertama ANBK jenjang SMP pada Senin dan Selasa lalu. Sebanyak 32 orang siswa kelas VIII mengikuti ANBK tersebut. Pihaknya menjadikan ANBK sebagai kesempatan untuk mengukur kompetensi siswa.

“Harapan kami dari ANBK ini agar siswa dapat meningkatkan kemampuan literasi, dan agar dapat mengukur kompetensi dasar dan kompetensi khusus sesuai kurikulum 2019,” ujar Aminah.

Sebelum pelaksanaan ANBK, pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan, di antaranya mempersiapkan sarana dan prasarana seperti laptop dan perangkat pendukung lainnya. Di samping itu juga melatih para siswa dengan memberikan pengayaan.

“Kami memberikan pengayaan dari hasil gladi bersih, agar siswa tidak kaget mentalnya dalam menghadapi ANBK,” jelas Aminah.

Terdapat tiga instrumen penilaian dari ANBK, pertama, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), bertujuan untuk mengukur literasi membaca dan matematika atau numerasi murid. Kemudian Survei Karakter, bertujuan untuk mengukur nilai, sikap, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter siswa. Terakhir, survei lingkungan belajar, untuk mengukur kualitas aspek input serta proses belajar-mengajar di kelas ataupun tingkat satuan pendidikan.

Hasil asesmen tidak menjadi syarat lulus seperti ujian nasional sebelumnya. Asesmen nasional diperuntukkan untuk pemetaan pendidikan, pemetaan kualitas pembelajaran, dan pemetaan mutu siswa yang tersebar di seluruh Indonesia. Nantinya hasil asesmen nasional akan menjadi salah satu referensi melakukan kebijakan layanan pendidikan di Indonesia pada tahun berikutnya. (ron)