Gandeng Kepolisian, PT STM Sosialisasikan Perkembangan Proyek Hu’u dan Bahaya Narkoba

0

Dompu (Suara NTB) – PT Sumbawa Timur Mining (STM) pemilik kontrak karya generasi ke-7 kegiatan eksplorasi mineral di wilayah Hu’u Kabupaten Dompu menggandeng Kepolisian, melakukan sosialisasi perkembangan proyek Hu’u dan bahaya Narkoba di sekolah – sekolah. Kegiatan yang melibatkan siswa – siswi SMP dan SMA se derajat bersama dewan guru ini dilakukan selama 6 hari sejak Senin, 11 September hingga 18 September 2023.

Kegiatan sosialisasi dan konsultasi publik PT STM ini dikoordinir Liaison Assistant (LA) PT STM bersama tim Community Relation (Comrel) PT STM yang melibatkan Kepolisian Sektor (Polsek) Hu’u. Kapolsek Hu’u, Ipda Sumaharjo hadir langsung memberikan sosialisasi bahaya narkoba kepada para siswa. Tim Comrel diwakili oleh Mahdon dan Solihin.

Kegiatan sosialisasi diawali di SMPN 1 Hu’u pada Senin, 11 September 2023 dan dilanjutkan pada SMPN 2 Hu’u, SMPN 3 Hu’u, SMAN 1 Hu’u, SMKN 1 Hu’u, dan SMK Bangun Negeri pada Senin, 18 September 2023.

Kepada siswa dan guru, tim Comrel menyampaikan perkembangan Proyek Hu’u yang dilaksanakan oleh PT STM. Dimana tahapan saat ini masih kegiatan eksplorasi atau pengumpulan data menuju Analisis  Dampak Lingkungan (Amdal), konstruksi, dan produksi. Kendati masih tahap eksplorasi dan belum menghasilkan keuntungan, PT STM telah banyak melakukan kegiatan pendampingan dan pemberdayaan masyarakat, serta sponsorship.

“Berdasarkan temuan sumberdaya mineral Onto 2 Milyar ton (Mt), yang besar potensinya itu tembaga yaitu @0,89 % Cu (Tembaga). Emasnya hanya 0,48 g / t. Sehingga PT STM ini bukan (akan mengelola) tambang emas, tapi tambang tembang,” jelas Mahdon.

Sementara para kepala sekolah menyampaikan apresiasinya atas kegiatan sosialisasi yang dilakukan PT STM. Kegiatan yang masih dalam tahap eksplorasi untuk sumber daya mineral Onto, dan panas bumi ini diharapkan bisa berkembang hingga tahap eksploitasi atau produksi. Terlebih di masa eksplorasi ini, ada  banyak program kegiatan dan pemberdayaan yang dirasakan pada bidang pendidikan.

“SMPN 1 Hu’u merupakan salah satu sekolah yang didampingi PT STM dan sangat dirasakan manfaatnya bagi peningkatan kualitas pendidikan. Karena tidak hanya guru dan kepala sekolah untuk proses kegiatan belajar mengajar serta kegiatan ekstrakurikuler, tapi juga manajemen sekolah,” ungkap Kepala SMPN 1 Hu’u, M Darwis, S.Pd.

Para siswa yang ikut serta dalam kegiatan sosialisasi juga cukup aktif mempertanyakan perkembangan aktifitas Proyek Hu’u. Para siswa juga berharap, beasiswa prestasi yang diberikan PT STM kepada mahasiswa Dompu juga bisa diberikan kepada siswa tingkat SMP dan SMA. (ula)