Normalisasi PJU By Pass BIL-Mandalika Tuntas Sebelum MotoGP

0

Praya (Suara NTB) – Kondisi lampu Penerang Jalan Umum (PJU) di sepanjang jalur by pass BIL-KEK Mandalika saat ini hampir seluruhnya mati. Pasca kasus pencurian kabel yang terjadi beberapa waktu lalu. Pemerintah pun berencana melakukan normalisasi PJU tersebut dalam waktu dekat ini. Sebelum ajang balap MotoGP di sirkuit internasional Mandalika digelar pada 13-15 Oktober 2023 mendatang.

“Targetnya, semua PJU yang mati disepanjang jalur by pass BIL-KEK Mandalika bisa normal kembali sebelum ajang MotoGP digelar,” terang Bupati Loteng, H.L. Pathul Bahri, S.IP.M.AP., kepada wartawan, saat ditemui di kantor Bupati Loteng, Rabu 20 september 2023.

Mengingat jalur by pass BIL-KEK Mandalika merupakan jalur nasional, maka penanganan utilitas disepanjanga jalur tersebut tetap menjadi tanggung jawab pemerintah pusat. Di mana nantinya pemerintah pusat bakal mendelegasikan kewenangan penanganan normalisasi PJU tersebut ke pemerintah provinsi.

Dari komunikasi terakhir dengan pemerintah provinsi, lanjut Pathul semua peralatan sudah tersedia. Tinggal menunggu waktu saja untuk memulai pekerjaan normalisasi semua PJU di jalur by pass BIL-KEK Mandalika tersebut. Artinya, hal ini sudah dipikirkan jauh-jauh hari oleh pemerintah pusat.

Karena pemerintah pusat ingin event MotoGP bisa berlangsung sukses. Untuk itu, semua sarana penunjang event baik yang ada di kawasan The Mandalika maupun sekitarnya, harus benar-benar siap. Apalagi terkait PJU, keberadaannya sangat vital dalam mendukung kelancaraan mobilitas masyarakat selama event berlangsung nantinya.

“Nanti detail teknis penanganan PJU by pass BIL-KEK Mandalika di Dinas Perhubungan (Dishub) NTB. Yang jelas, target sebelum event MotoGP digelar normalisasi PJU sudah tuntas dikerjakan,” pungkas mantan Wakil Ketua DPRD Loteng ini. (kir)