KY Gali Informasi Pelaksanaan Sidang Tambang Pasir Besi

Mataram (Suara NTB) –Kantor Penghubung Komisi Yudisial (KY) NTB, terus menggali informasi yang berkembang terkait sidang perkara dugaan korupsi kegiatan tambang pasir besi PT Anugrah Mitra Graha (AMG) dengan nilai kerugian sebesar Rp36 miliar. “Jadi, kami masih menggali seluruh informasi terkait jalannya persidangan tersebut termasuk informasi yang berkembang di luar persidangan,” kata koordinator Kantor Penghubung KY NTB Ridho Ardian Pratama di Mataram, Rabu 20 september 2023.

Ridho melanjutkan, terkait dengan status tahanan kota salah satu terdakwa di kasus tersebut (Po Suwandi), dia enggan untuk memberikan komentar. Dia menyarankan untuk bisa ditanyakan langsung kepada pihak yang berwenang. “Bisa ditanyakan dan dikonfrontir saja pada lembaga yang berwenang (Pengadilan) kalau terkait tahanan kota,” katanya.

Namun, pihaknya berharap seluruh pihak dapat menghormati proses persidangan yang berjalan. Namun jika terdapat dugaan pelanggaran Kode Etik Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH) maka pihaknya memastikan akan memproses hal tersebut. “Tetap akan kita proses jika ada pelanggaran sesuai dengan aturan berlaku,” terangnya.

Menyinggung soal apakah ada temuan pelanggaran saat proses sidang berjalan, dia belum bisa memberikan informasi lebih lanjut. Karena persoalan itu merupakan ruang etik sehingga tidak bisa disampaikan. “Mohon izin, jika terkait temuan karena ini ruang etik, maka tidak mungkin apabila masih berupa “temuan” akan di publish ke publik,” jelasnya.

Dia pun menegaskan, jika telah terbukti temuan-temuan tersebut yang mengarah pada pelanggaran KEPPH barulah dapat disampaikan ke publik dengan mekanisme nya sendiri. “Jika itu ada (pelanggaran) pasti akan kita sampaikan ke publik sesuai dengan mekanisme yang ada,” sebutnya.

Ridho pun menjelaskan pemantauan sidang perkara dugaan korupsi dalam kegiatan tambang ini sebenarnya memiliki tujuan positif, yakni mendukung upaya pengadilan menjaga marwah peradilan. “Itu yang menjadi tujuan kami, menjaga marwah peradilan, memastikan agar sidang berjalan sesuai dengan tata tertib, tidak ada intervensi maupun segala sesuatu yang berjalan di luar aturan hukum acara,” pungkasnya. (ils)







Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Sirkuit Mandalika Siap Gelar Balapan Mobil Perdana, Masyarakat Bisa Nonton Gratis

0
Praya (Suara NTB) - Untuk pertama kalinya, Pertamina Mandalika International Circuit bakal menggelar ajang balapan mobil pada tahun ini. Setelah sebelumnya sukses menggelar sejumlah...

Latest Posts

Sirkuit Mandalika Siap Gelar Balapan Mobil Perdana, Masyarakat Bisa Nonton Gratis

Praya (Suara NTB) - Untuk pertama kalinya, Pertamina Mandalika...

Pengumuman Hasil Tes PPPK 2023 Diumumkan 15 Desember

PROSES penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) memasuki...

APBD NTB 2024 Disahkan, Pj Gubernur : Pastikan Tata Kelola Pemerintahan Semakin Baik

Mataram (Suara NTB)-Rapat paripurna DPRD Provinsi NTB resmi mengesahkan...

Pemprov NTB Akhirnya Terima DBH Keuntungan Bersih PT AMNT Sebesar Rp107 Miliar

Mataram (Suara NTB) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB akhirnya...