Bantu Tangani Kekeringan, Satlantas Polres Lobar Salurkan Puluhan Ribu Liter Air Bersih

0

Giri Menang (Suara NTB) – Satlantas Polres Lombok Barat (Lobar) mendistribusikan bantuan 20 ribu liter air bersih kepada masyarakat yang mengalami krisis air bersih akibat kekeringan di wilayah Lobar. Pendistribusian air besih ini sekaligus dalam rangka HUT Satlantas Bhayangkara ke 68. Selain penyaluran air bersih, pihak Satlantas juga melaksanakan kegiatan bakti sosial (baksos) lainnya.

Kasatlantas Polres Lobar AKP Agus  Rachman, SH., mengatakan, dalam rangka HUT Satlantas ke 68, polres mengadakan beberapa kegiatan. Pertama, kegiatan bakti kesehatan donor darah bekerja sama dengan PMI Lobar. Berikutnya kegiatan anjang sana, untuk memberikan perhatian kepada anggota, keluarga anggota dan masyarakat yang sakit berat. Kemudian yang ketiga, pihaknya melakukan kegiatan bakti religi bersih-bersih di tempat ibadah, baik masjid, pura maupun wihara yang ada di Lobar.

“Dan ke empat kegiatan bakti sosial pemberian bantuan air bersih, dilaksanakan mulai tanggal 16 September – 19 September. Kami keliling ke dusun dan desa yang butuh air bersih, karena situasi saat ini musim kekeringan,” jelasnya, Rabu, 20 September 2023.

Pihaknya bekerjasama dengan Dinas Damkar, dan PT AMGM, mendistribusikan air bersih. Selain itu pihaknya bersama Ditlantas Polda NTB yang dipimpin langsung Direktur Lalu Lintas dan dari polres dipimpin wakapolres.

Pihaknya menyasar wilayah-wilayah krisis air seperti 4 lokasi yang tersebar di Desa Giri Tembesi Kecamatan Gerung, kemudian wilayah Batulayar dan Sekotong. Pihaknya mencari informasi titik-titik sasaran, berkoordinasi dengan Polsek. Setelah mendapatkan informasi, pihaknya langsung membagikan air besih. Dalam kegiatan pendistribusian air bersih ini, sekali droping satu tangki kapasitas 5 ribu liter. “Kita salurkan sekitar 20 ribu liter air bersih,” imbuhnya.

Pendistribusian pun berjalan lancar, kendati ada beberapa lokasi yang menuai kendala medan yang berat. Air bersih yang disalurkan ini dipakai untuk kebutuhan sehari-hari. Warga pun merasa terbantu, bahkan meminta agar dilakukan pendistribusian setiap hari. (her)