Walikota Segera Geser Pejabat Lama

0

Mataram (Suara NTB) – Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana memastikan akan menggeser pejabat yang lama menempati posisinya. Pergeseran ini sebagai bentuk penyegaran terhadap birokrasi. “Kita kan juga butuh penyegaran, karena banyak pejabat yang terlalu lama,” kata Walikota dikonfirmasi, Selasa, 19 September 2023

Nama pejabat eselon setingkat II yang bakal geser telah final. Drafnya tinggal diteken dan menunggu waktu yang tepat untuk mutasi pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Mataram. Walikota menegaskan, pergeseran pejabat bukan molor melainkan masih menunggu hari yang tepat saja. Selain itu, Wakil Walikota Mataram TGH. Mujiburrahman masih cuti karena menjalankan ibadah umroh. Ia pun harus mengkomunikasikan pelaksanaan mutasi ke pendampingnya tersebut. “Kalau pun kita tidak menunggu beliau pulang umroh, paling tidak saya mengkomunikasikan ke Pak Wakil bahwa akan ada mutasi,” ujarnya.

Konsekuensi dari pergeseran jabatan akan terjadi kekosongan jabatan. Jabatan kosong akan langsung dipansel agar segera terisi. Lima jabatan kosong yakni, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Mataram, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan UKM, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, dan Staf Ahli Setda Kota Mataram.

Walikota menegaskan, tidak ada negosiasi atau tawar-menawar untuk menempati jabatan tertentu. Seluruh pejabat harus siap ditempatkan di mana pun. “Gak ada istilah nego atau tawar menawar,” jawabnya.

Berdasarkan catatan pejabat yang lama menempati posisi atau tidak pernah digeser di antaranya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataram Drs. I Nyoman Suandiasa, Asisten I Setda Kota Mataram H. Lalu Martawang, Sekretaris DPRD Kota Mataram H. Lalu Aria Dharma, Kepala Dinas Perhubungan Drs. H. Muhammad Saleh, Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Mataram H. M. Syakirin Hukmi. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Mataram Dra. Hj. Dewi Mardiana Ariany. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Mataram Miftahurrahman. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Mahfuddin Noer. Delapan orang pejabat ini menjabat lebih dari lima tahun.

Selain itu, Asisten III Dra. Hj. Baiq Evi Ganevia, Kepala Dinas Kesehatan dr. H. Usman Hadi, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Ki Agus M. Idrus juga tidak pernah digeser sama sekali sejak periode kepemimpinan Walikota Mataram H. Ahyar Abduh (alm). Namun demikian, ketiga akan memasuki masa purnatugas pada tahun 2023. (cem)