Wabup dan Dandim KSB Pimpin Kegiatan Bersih Sungai Taliwang

0

Taliwang (Suara NTB) – Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia digelar pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Selasa, 19 September 2023, dengan melakukan kegiatan gotong royong membersihkan bantaran sungai Taliwang.

Kegiatan yang dirangkaikan juga dengan HUT TNI ke-78 itu, langsung dipimpin oleh wakil bupati KSB, Fud Syaifuddin dan Dandin 1628/Sumbawa Barat Letkol Inf Oktavian Englana Partadimaja. Keduanya berkolaborasi mengkordinir peserta menyisir sampa yang menumpuk di sepanjang sisi sungai yang melintasi wilayah kota tersebut. “Ini sekaligus cara kita bersilaturahmi,” kata Wabup di sela kegiatan.

Wabup mengatakan, pemerintah mengerahkan para ASN, agen PDPGR serta mengajak TNI/Polri serta masyarakat dalam kegiatan kali ini. Sebab untuk menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan alam menjadi tannggung jawab bersama. “Kita tidak bisa sendiri-sendiri. Harus kita gotong royong karena soal sampah ini bisa menimbulkan bencana,” cetusnya.

Wabup pun mengimbau kepada masyarakat agar terus meningkatkan kesadaran dalam menjaga lingkungan. Terutama dalam hal kebersihan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.

“Sungai bukan tempat membuang sampah. Maka harapan kami setelah ini dibersihkan tidak ada lagi yang mengotorinya,” tegas Wabup seraya menambahkan pemerintah sudah menyiapkan fasilitas agar masyarakat tidak terus menerus membuang sampah ke bantaran sungai.

“Kita ada tambahan armada pengangkut tahun ini. Jadi tidak boleh lagi buang sampah ke sungai,” tandasnya mengulangi.

Sementara itu Dandim KSB Letkol Inf Oktavian Englana Partadimaja menyebut, pada HUT TNI ke-78 Kodim KSB berupaya untuk terus bersinergi dengan pemerintah dan masyarakat. “Kami berupaya hadir dalam membantu pemerintah dan masyarakat. Apalagi ini isu lingkungan yang menjadi salah satu prioritas kami juga sebagai tentara,” imbuhnya. (bug)