Rekrutmen PPPK KLU Dibuka, Formasi Khusus Prioritaskan Putra Daerah

0

Tanjung (Suara NTB) – Pemda Kabupaten Lombok Utara  (KLU) melalui Badan Kepegawaian Daerah dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKD PSDM) telah membuka rekrutmen ASN kategori Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Kabar baiknya bagi warga lokal KLU, kuota PPPK untuk formasi khusus, dibuka hanya untuk masyarakat yang berasal dari KLU. Sedangkan formasi umum,  boleh diikuti oleh masyarakat KLU maupun dari luar KLU.

Kepala BKDPSDM KLU, Tri Dharma Sudiana, S.STP., kepada Suara NTB, Selasa, 19 September 2023 mengungkapkan, kuota rekrutmen ASN kategori PPPK untuk KLU sebanyak 81 orang. Terdiri dari 56 formasi tenaga kesehatan dan 25 formasi guru.

Pada formasi tenaga teknis kesehatan, kuota dibagi dua katagori, yaitu formasi umum dan formasi khusus. Dari 56 formasi itu, formasi khusus kesehatan lebih dominan yaitu 44 kursi, sedangkan formasi umum sebanyak 12 kursi.

“Untuk formasi khusus kesehatan, hanya tenaga calon ASN dari KLU yang boleh mendaftar. Masyarakat dari luar kabupaten bisa melamar pada formasi umum kesehatan,” ungkap Tri.

Diterangkan, rekrutmen kali ini memberi kesempatan besar bagi putra daerah. Pasalnya, penilaian saat tes seleksi tidak menggunakan instrumen passing grade, melainkan hanya perangkingan. Dipastikan, pelamar dengan nilai tertinggi akan diterima.

Berbeda dengan pelamar formasi umum kesehatan. Para pelamar dari luar daerah dan lokal Lombok Utara, harus melewati mekanisme penilaian passing grade.

Demikian pula untuk formasi guru, kesempatan ini hanya berlaku untuk pelamar tahun 2022 lalu yang telah memenuhi passing grade, sehingga alokasi formasi guru dapat dikatakan tertutup untuk pelamar baru.

Tri menambahkan, adanya kekhususan pada putra daerah dalam rekrutmen PPPK kali ini, tidak lepas dari aspirasi banyak daerah dalam rakor di kementerian sebelumnya. Banyak Pemda beralasan, alokasi sebagian penghasilan gaji PPPK berasal dari APBD, sehingga pengeluarannya diharapkan bisa digunakan untuk membantu perkembangan ekonomi di masing-masing daerah.

“Tetapi dalam penilaian formasi khusus tidak ada nilai afirmasi, walaupun yang bersangkutan sudah 20 tahun kerja. Rekrutmennya betul-betul profesional,” tegas Kepala BKD.

Sebagaimana pengumuman secara elektronik pada website  bkdpsdm Lombok Utara, No : 800/779/BKPSDM/2023 tentang Penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Jabatan Fungsional di Lingkungan Pemkab Lombok Utara, rekrutmen dibuka pada periode 20 September sampai dengan 9 Oktober. Dilanjutkan dengan seleksi administrasi pada 20 September sampai 12 Oktober, kemudian hasilnya diumumkan selama 4 hari sampai 16 Oktober.

Sesuai tahapan, Sekretariat Daerah tetap membuka masa sanggah bagi pelamar pada rentang 17-19 Oktober, dan jawaban atas sanggahan dilaksanakan 17-21 Oktober. Panitia selanjutnya mengumumkan pelamar yang lulus seleksi pascasanggah, untuk ditetapkan menjadi data final.

Setelah seleksi administrasi rampung, dilanjutkan dengan penjadwalan seleksi kompetensi, berikut daftar peserta, waktu dan tempat seleksi. Pelaksanaan seleksi sendiri alan berlangsung pada 8 November sampai dengan 2 Desember. “Sesuai jadwal tahapan, peserta yang lulus seleksi PPPK akan diumumkan pada 4 sampai dengan 13 Desember,” pungkas Tri. (ari)