SDN-SMPN SATAP 1 Kuripan Jadikan Mendongeng Sebagai Metode Mengajar Yang Efektif

0

Giri Menang (Suarantb.com) – Menyambut datangnya bulan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H SDN-SMPN SATAP 1 Kuripan menggelar Imtaq spesial dengan berkisah. Berkisah atau mendongeng diisi oleh Kak Fadli dari Kampung Dongeng Indonesia Wilayah NTB. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jum’at (15/9/2023).

Imtaq Hari Jum’at spesial dalam rangka menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW diisi dengan Mendongeng/berkisah dari Kampung Dongeng Indonesia Wilayah NTB yakni Kak Fadli. Kegiatan ini disambut antusias dan semangat oleh seluruh peserta didik, dewan guru SDN-SMPN SATAP 1 Kuripan dan masyarakat sekitar.

Kepala SDN-SMPN SATAP 1 Kuripan Sahnan, S.Pd., MM menyampaiakan bahwa pihaknya ingin memberikan suasana belajar yang berbeda kepada semua peserta didik. Salah satu metode yang diusahakan yakni dengan mendongeng atau berkisah. Nilai-nilai moral dan kebaikan bisa disampaikan secara jenaka tetapi cepat diterima oleh anak didik dan tentu diharapkan bisa menghibur.

“Kami hadirkan Kak Fadli untuk mendongeng biar ada suasana belajar yang berbeda di sekolah ini”, bukanya.

Kepsek Sahnan, S.Pd., MM menuturkan dalam intaq spesial ini pihaknya akan terus memprogramkan kegiatan mendongeng ini setiap sebulan sekali. Hal ini diharapkan bisa memberikan dampak yang positif bagi peserta didik dan lingkungan sekolah.

“Program mendongeng ini akan kami teruskan setiap sebulan sekali”, imbuhnya.

Sementara itu Kak Fadli dari Kampung Dongeng Indonesia selaku Koordinator Wilayah NTB menyambut baik dan merasa senang bisa berbagi kisah dengan peserta didik di sekolah. Ini menjadi bentuk usaha memberikan edukasi kepada peserta didik sejak dini tentang pentingnya mempertahankan budaya mendongeng. Karena mendongeng bisa menjadi salah satu metode mengajar yang efektif kepada peserta didik.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Bapak Kepsek atas kesempatan ini, mari kita tanamkan budaya mendongeng kepada anak-anak kita sejak dini”, jelasnya. (r)