Astra Gelar Safari Jurnalistik, Tingkatkan Kompetensi Pewarta di NTB

0

Mataram (Suara NTB) – PT.Astra International Tbk Bersama dengan Organisasi PWI Pusat menggelar Safari Jurnalistik Tahun 2023, Kamis, 14 September 2023 di Hotel Santika Mataram. Mengambil tema “Meningkatkan Kompetensi Wartawan di Era Artificial Intelligence (AI)”. Hadir Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari, Head of Corporate Communication Astra, Boy Kelana Soebroto, Ketua PWI NTB Nasarudin dan Kepala Dinas Kominfotik NTB, Najamudin serta tokoh Pers Nasional dan Ketua PWI Kabupaten Kota se NTB.

Ketua PWI NTB, Nasruddin Zein mengatakan rasa syukur terpilihnya Provinsi NTB sebagai lokasi Safari Jurnalistik dari PT. Astra untuk tahun 2023 ini. Dengan tema yang diusung “Meningkatkan Kompetensi Wartawan di Era Artificial Intelligence (AI), Nasruddin pun ingin tahu bagimana AI masuk didunia jurnalistik. “Bagaimana dengan regulasinya, inilah yang akan menjadi diskusi kita dengan beberapa narasumber,” ujar Nasruddin.

Sementara itu, Head of Corporate Communication Astra, Boy Kelana Soebroto, menjelaskan Kota Mataram merupakan Kota terakhir untuk pelaksanaan Safari Jurnalistik Tahun 2023. Safari ini merupakan sebuah korporasi untuk mendukung peningkatan kapasitas kompetensi wartawan bersama PWI. Pihaknya melihat wartawan adalah salah satu pemangku kepentingan untuk menyampaikan informasi pada publik.

Sementara Gubernur NTB yang diwakili Kepala Dinas Kominfotik NTB, Dr. Najamudin Amy menyampaikan perkembangan teknologi era sekarang merupakan transformasi digital yang tidak disadari. Kata Najamudin, tidak banyak perusahaan yang mau mengeluarkan uangnya, tenaganya dan waktunya untuk membina teman-teman wartawan seperti Astra.

Dalam kesempatan ini, Astra Motor NTB bersama Astra Group region NTB turut menyambut gelaran Safari Jurnalistik yang diinisiasi oleh Astra International Jakarta. Selaku tuang rumah yang disambangi, Astra Motor NTB turut mendukung acara ini dengan pemberian cinderamata. Diwakili oleh Corporate Communication Astra Motor NTB Made Deasy Natalia dan Hendrik selaku ketua Astra Group region NTB yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Hendrik menyebutkan bahwa gelaran Safari Jurnalistik ini menjadi salah satu wadah positif bagi pewarta yang ada di Indonesia. “Anugerah Pewarta Astra 2023 mengajak setiap anak bangsa untuk menebar inspirasi kepada masyarakat melalui Anugerah Pewarta Astra 2023 dengan tema “Semangat Untuk Hari Ini dan Masa Depan Indonesia”. Menceritakan kisah inspiratif dari para Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards, tokoh penggerak Kampung Berseri Astra, atau tokoh penggerak Desa Sejahtera Astra yang tersebar di seluruh Indonesia dalam melakukan kontribusi positif yang berkelanjutan dalam menghadapi tantangan di sekitarnya. Semoga perwakilan dari NTB dapat menjadi pemenang Anugerah Pewarta Astra seperti tahun-tahun sebelumnya. Pendaftaran masih dibuka hingga 06 November 2023,” tutup Hendrik. (bul)