Taliwang Juara Umum Popkab KSB 2023

0

Taliwang (Suara NTB) – Kontingen kecamatan Taliwang tampil sebagai juara umum ajang Pekan Olahraga Pelajar (Popkab) Sumbawa Barat 2023. Skuad ibukota ini berhasil meraup 18 medali dari 6 cabang olahraga (Cabor) yang pertandingkan.

Perolehan medali kontingen Taliwang terdiri dari 8 emas, 4 perak dan 6 perunggu. Bercokol di urutan kedua ada kecamatan Seteluk dengan 8 medali, urutan ketiga kecamatan Brang Rea sebanyak 3 medali. Sementara pada urutan keempat hingga 8 mulai dari kecamatan Poto Tano, Sekongkang, Jereweh, Brang Ene dan diurutan paling buncit ada kecamatan Maluk.

Gelaran Popkab KSB 2023 yang diadakan oleh  Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) setempat ini secara resmi berakhir pada, Sabtu akhir pekan lalu. Ditandai dengan final pertandingan Cabor sepak bola menampilkan tim Brang Rea melawan Seteluk di stadion GOR Magaparang. Di mana dalam pertandingan itu, Brang Rea tampil sebagai juara dengan skor 2-0.

Kepala Disparpora KSB, Burhanuddin saat menutup kegiayan dalam sambutannya mengatakan, agenda Popkab ini merupakan kegiatan seleksi atlet pelajar untuk diikutkan dalam kontingen kabupaten menghadapi Popda NTB. “Jadi selama pertandingan semua atlet telah dipantau untuk kemudian kita seleksi masuk tim menuju Popda NTB,” katanya.

Burhanuddin mengapresiasi seluruh atlet yang turun dalam ajang Pobkab tahun ini. Menurut dia, semangat sportivitas yang ditunjukkan masing-masing atlet menjadi modal besar untuk mereka dapat terus berkembang ke depannya. “Selain ketangkasan pada Cabor yang digeluti. Seorang atlet penting juga punya semangat sportivitas yang bagus. Dan kami melihat itu sudah ada pada atlet yang ikut dalam Popkab ini,” cetusnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, Indra Jaya menjelaskan, para atlet yang menjadi juara di masing-masing Cabor dipertandingkan mendapatkan hadia berupa uang, piala serta piagam penghargaan. “Uangnya sebagai bentuk pembinaan,” sebutnya.

Suksesnya penyelenggaraan Popkab tahun ini, disebut Indra tidak lepas dari dukungan dari banyak pihak. Secara khusus Disparpora menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ikatan Guru Olahraga Nasionap (Igornas) selaku mitra dinas sehingga pelaksanaan Popkab tahun ini berjalan lancar hingga hari terakhir. “Kepada wali murid dan semua sekolah yang telah mengizinkan siswanya menjadi atlet, kami juga ucapkan banyak terima kasih,” imbuh Indra. (bug)