Buka di Kawasan IC, NTB Mall Tampung 14.000 Produk UMKM Lokal

0

Mataram (Suara NTB) – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah menutup masa jabatannya pada September 2023 ini dengan meresmikan Gedung NTB Mall baru di Kawasan Islamic Center (IC) pada Jumat, 15 September  2023. Tidak itu saja, NTB Mall kini sudah menampung 14.546 jenis produk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal.

NTB Mall mencatat sejarah perkembangannya yang cukup progresif dalam beberapa waktu terakhir ini. Selain ekspansi ke Ibukota, Jakarta, NTB Mall juga telah melakukan ekspansi bisnis ke luar negeri, yaitu Malaysia.

Gubernur NTB, Ketua Dekranasda, Kepala Dinas Perdagangan NTB, Baiq. Nelly Yuniarti dan Direktur NTB Mall, Indah Purwanti saat pembukaan NTB Mall di kawasan Islamic Center

Gubernur NTB, Bang Zul sapaan akrabnya dalam sambutannya mengapresiasi Kepala Dinas Perdagangan NTB, Baiq Nelly Yuniarti yang secara serius mengawal perluasan pasar bagi produk UMKM NTB yang tergabung di NTB Mall. Tentunya hal ini tidak lepas dari keberanian mengayunkan langkah pertama.
“Apa yang dilakukan Dinas Perdagangan saat ini merupakan langkah pertama yang elegan. Mudah- mudahan ini menjadi langkah yang konstruktif bagi kita semua dan saya yakin suatu saat NTB Mall akan mengalahkan Epicentrum Mall,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perdagangan NTB, Baiq Nelly Yuniarti selaku OPD pengampu NTB Mall menyampaikan bahwa dengan adanya gedung baru ini, para UMKM tidak perlu lagi mengantri untuk memasukkan produknya ke NTB Mall. Seperti sebelumnya saat NTB Mall ada di pojok timur Kantor Dinas Perdagangan Provinsi NTB di Jalan Langko Mataram.
“Sebelumnya para pelaku UMKM perlu menunggu 4 bulan dan ketika lagi laris-larisnya kami tarik dari NTB Mall. Karena memang harus gantian dengan teman-teman UMKM yang lain karena keterbatasan tempat tadi,’’ ujar Nelly.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah. Berkat nama yang diberikan, yaitu NTB Mall, kata Nelly, menjadi doa dan harapan besar berkembangnya media promosi dan pemasaran UMKM lokal serta berkembangnya kreativitas UMKM dan industrialisasi di NTB.

Sementara itu, Direktur NTB Mall, Indah Purwanti menyampaikan, sebelumnya di NTB store lama UMKM yang bergabung sekitar 221 UMKM dengan varian produk 1.200, dengan dibukanya NTB Mall di kawasan Islamic Center, sekitar 14.546 produk UMKM sudah tertampung.

Indah juga makin optimis, NTB Mall akan semakin berkembang. Karena selain lokasinya yang sangat strategis. Islamic Center juga menjadi salah satu destinasi wisata religi di Provinsi NTB. Tidak saja wisatawan lokal dan domestik yang berbondong-bondong datang ke rumah ibadah terbesar dan termegah di NTB ini, juga wisatawan asing kerap datang berkunjung.

Harapannya, dengan keberadaan NTB Mall di kawasan Islamic Center ini, masyarakat dan wisatawan akan lebih mudah mendapatkan aneka produk lokal yang dibutuhkan.

Turut hadir saat pembukaan NTB Mall di Islamic Center. Diantaranya, Ketua Dekranasda NTB, Hj. Niken Saptarini Zulkieflimansyah, Kepala OPD dan Instansi Vertikal lingkup Pemprov NTB, Ketua Organisasi Wanita, Ketua Asosiasi terkait, dan Pelaku UMKM.(bul)