Lima Tahun Pimpin NTB, Dewan Catat Banyak Keberhasilan dan Prestasi yang Dicapai Zul-Rohmi

0

Mataram (Suara NTB) – DPRD Provinsi NTB memberikan penilaian cukup baik terhadap capaian pembangunan yang sudah ditorehkan selama lima tahun kepemimpinan Dr. H Zulkieflimansyah dan Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah (Zul-Rohmi) sebagai pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB periode 2018-2023.

Ketua DPRD Provinsi NTB, Hj. Baiq Isvie Rupaeda mengatakan sampai dengan penghujung akhir masa jabatan Zul-Rohmi ini. Sudah cukup banyak catatan keberhasilan yang ditorehkan oleh Zul-Rohmi selama 5 tahun memimpin NTB.

‘’Saya sampaikan cukup banyak keberhasilan dan prestasi yang sudah dicapai Zul-Rohmi,’’ ucap Isvie saat dikonfirmasi Suara NTB usai memimpin rapat paripurna penetapan APBD Perubahan pada Jumat, 15 September 2023.

Meski dikatakan cukup berhasil, Isvie juga menyebutkan ada beberapa program Zul-Rohmi yang mesti dituntaskan. Diantaranya soal angka kemiskinan dan ada program lainnya.

Ketika ditanya jika penilaian DPRD Provinsi NTB itu dikonversi dalam bentuk angka? Politisi Partai Golkar itu nggan untuk memberikan nilai dalam bentuk angka. Namun yang pasti menurutnya kinerja Zul-Rohmi selama 5 tahun ini sudah cukup baik.

“Saya tidak dalam kontes memberikan nilai, saya kira sudah baguslah. Tentu yang masih belum tuntas ini nanti menjadi PR (Pekerjaan Rumah) Penjabat Gubernur atau Gubernur yang akan datang,” katanya.

Zul-Rohmi bersama pimpinan DPRD NTB usai rapat paripurna penetapan APBD Perubahan 2023.  (Suara NTB/ndi)

Di tempat yang sama Ketua Fraksi Partai Demokrat, H Rahman H Abidin juga memberikan penilaian yang cukup baik kepada Zul-Rohmi sampai dengan akhir masa jabatannya. “Khusnul khatimah dong, kan ndak ada kasus,’’ ujarnya.

Namun demikian sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan ke depannya. Fraksi Demokrat memberikan beberapa catatan selama pemerintahan Zul-Rohmi ini. Seperti tata kelola keuangan dan kegiatan mutasi pejabat yang terlalu sering dilakukan.

Sementara itu dari Fraksi Gabungan Bintang Perjuangan Nurani Rakyat (BPNR), H Ruslan Turmudzi mengakui bahwa selama pemerintahan Zul-Rohmi tersebut banyak sekali mendapat cobaan. Mulai dari bencana gempa bumi kemudian dilanjutkan dengan pandemi Covid-19. Kedua bencana itu banyak memberikan pengaruh terhadap kegiatan pembangunan daerah.

‘’Tapi kita harus maklumi semua (kekurangan) itu karena kondisi. Pertama bencana gempa kemudian Covid,’’ ujarnya.

Zul-Rohmi Kompak Hadir

Sementara Rapat Paripurna Penetapan Perubahan APBD 2023 di DPRD Provinsi NTB pada Jumat, 15 September 2023, menjadi rapat paripurna terakhir yang diikuti oleh Gubernur, Dr H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah (Zul-Rohmi), sebelum masa jabatannya berakhir pada 19 September 2023.

Dalam sambutannya Gubernur menyampaikan, terima kasih yang setulusnya kepada DPRD Provinsi NTB atas kemitraan yang terbangun selama lima tahun terakhir ini cukup baik. Sehingga agenda-agenda pembangunan bisa berjalan dengan cukup lancar di tengah banyaknya tantangan.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi NTB, saya menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus selama lima tahun terakhir ini telah bersama melakukan kerja-kerja progresif, inovatif untuk mewujudkan NTB Gemilang,” ucap Zulkieflimansyah.

Disampaikan Bang Zul dalam lima tahun terakhir ini, NTB telah banyak menorehkan prestasi membanggakan. Seperti pertumbuhan ekonomi, pembangunan infrastruktur, peningkatan layanan kesehatan, dan pendidikan yang lebih baik. Semua itu menurut Gubernur tidak terlepas dari kerja kolektif antara eksekutif dan legislatif.

“Saya percaya bahwa daerah kita memiliki masa depan yang cerah. Saya dan kita semua tentunya akan terus menjadi bagian dari aktor-aktor pembangunan meskipun dalam kapasitas yang berbeda. Mari kita lanjutkan terus pengkhidmatan untuk mewujudkan impian kita bersama,” serunya.

Pada kesempatan itu Bang Zul juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat NTB yang telah memberikan kepercayaan untuk memimpin NTB.  Di tengah banyaknya cobaan yang dialami masyarakat, tapi bisa tetap berusaha keras untuk meraih prestasi.

‘’Kita melawati masa yang tidak mudah, banyak kemajuan yang sudah kita capai dan juga masih banyak PR yang masih harus kita selesaikan. Tapi mudah-mudahan dengan terpilihnya Pak Sekda sebagai Pj Gubernur kesinambungan ini bisa tetap dilanjutkan,’’ harapnya.

Di tempat yang sama Wakil Gubernur NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalilah juga menyampaikan hal yang sama. Bahwa apa yang telah diraih oleh Pemerintahan Zul-Rohmi tidak lepas dari dukungan banyak pihak, terutama DPRD NTB.

“Terima kasih juga atas suport semua, termasuk teman-teman media. Keharmonisan legislatif-eksekutif, semua energi yang luar biasa dalam pembangunan NTB lima tahun ini,” katanya.

Pada rapat paripurna terakhir di DPRD NTB itu, Gubernur dan Wakil Gubernur kompak hadir. Dari semua peserta sidang paripurna yang hadir memberikan ucapan selamat kepada Zul-Rohmi. Bahkan seluruh pegawai Sekretariat DPRD NTB berjejer memberikan ucapan selamat kepada Zul-Rohmi yang akan mengakhiri masa jabatannya.

“Ya tentu pasti haru, pasti rindu pada semua. Tapi kan Insyaallah silaturahmi akan terus berlanjut,” ucap Rohmi usai menyalami para koleganya di DPRD Provinsi NTB. (ndi)