Kantor Bahasa NTB Perluas Manfaat Aplikasi Kadaring SIBI

0

Mataram (Suara NTB) – Kantor Bahasa Provinsi NTB terus melakukan penguatan Kadaring SIBI. Setelah melaksanakan sosialisasi di SLBN 1 Lombok Tengah (Loteng) pada Rabu lalu, Kantor Bahasa NTB melakuan penguatan dilakukan di SLBN 1 Lombok Barat pada Kamis, 14 September 2023. Penguatan Kadaring SIBI ini juga didampingi oleh Kepala Bidang PK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, Hj. Eva Sofia Sari.

Pada awal pertemuan, Kepala Kantor Bahasa NTB, Puji Retno Hardiningtyas mengungkapkan bahwa tujuan kunjungan Kantor Bahasa NTB adalah menyosialisasikan informasi mengenai Kadaring SIBI sebagai inovasi unggulan Kantor Bahasa Provinsi NTB. Berdasarkan data pengembangan, pada tahun 2022 terdapat 750 pemahaman SIBI yang telah diunggah di aplikasi. Kunjungan ini juga untuk melakukan jejak mendengar kebermanfaatan aplikasi Kadaring SIBI yang selama ini dirasakan oleh tenaga pendidik dan siswa di SLBN 1 Lombok Barat.

“Saat ini, Kadaring SIBI menjadi inovasi unggulan kami. Kami berharap Kadaring SIBI dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi pengajaran di lingkup SLB,” ujar Puji Retno.

Hal tersebut disambut baik oleh Kepala SLBN 1 Lombok Barat, Baiq Minarniwati. Ia mengungkapkan perasaan senangnya dengan adanya sosialisasi ini. Kadaring SIBI diharapkan dapat membantu proses pembelajaran dan komunikasi antara teman tuli dan teman dengar.

Kepala Bidang PK Dinas Dikbud NTB Eva Sofia Sari turut mendukung sosialisasi dan pendampingan kebermanfaatan Kadaring SIBI. “Saya berharap Kadaring SIBI bisa disosialisasikan tidak hanya di Lombok Tengah dan Lombok Barat. Akan jauh lebih bagus kalau Kadaring SIBI dapat dimanfaatkan di seluruh Provinsi Nusa Tenggara Barat,” harap Eva Sofia Sari.

Sosialisasi penguatan Kadaring SIBI di SLBN 1 Lombok Barat direncanakan akan dilanjutkan dengan kegiatan pendampingan pembelajaran dengan menggunakan Kadaring SIBI di kelas. Dengan pendampingan tersebut, diharapkan kebermanfaatan Kadaring SIBI menjadi lebih luas. (ron)