5 Tahun Zul-Rohmi, SMKN 1 Palibelo Makin Gemilang, Banyak Alumni Bekerja di Jepang

0

Kota Bima (Suara NTB) – Lima tahun kepemimpinan Gubernur, Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd, (Zul-Rohmi) ternyata memberikan dampak positif bagi kemajuan SMKN 1 Palibelo core Perikanan Budidaya dan Pengolahan Ikan.

Selain itu, SMKN berlokasi di Jalan Syech Subuh Lintas Palibelo- Teke Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima tersebut juga menunjukkan prestasi yang gemilang. Pasalnya banyak alumni bekerja pada perusahaan di Jepang dengan gaji yang cukup fantastis.

“Masa kepemimpinan Zul-Rohmi selama lima tahun, telah membuka ruang bagi SMK untuk memberikan kesempatan memiliki satu siswa satu usaha” ucap Kepala Sekolah SMKN 1 Palibelo, Ratnah, S.Pi, M.Pd.

Ia menyebutkan sejak tahun 2013 sampai dengan 2023, SMKN 1 Palibelo sudah mengirim para alumninya untuk magang kerja selama tiga tahun pada perusahaan-perusahaan kapal penangkapan ikan di Jepang. Bahkan tahun 2023 ini juga mengirim alumni yang core perikanan budidaya dan pengolahan ikan untuk bekerja di perusahaan pengolahan hasil ikan.

“Hasil pendapatan gaji para alumni yang berkisar Rp20 sampai dengan Rp30 juta perbulan. Hal ini tentu memberikan perubahan dari sisi ekonomi keluarga. Bahkan sudah mampu membuka lapangan pekerjaan bagi keluarga dan masyarakat di desa asalnya,” ujarnya.

Menurut dia,  SMKN 1 Palibelo telah membuka jaringan yang banyak dengan dunia usaha dan industri baik di dalam negeri maupun luar negeri. Bahkan dalam waktu dekat ini, beberapa perusahaan dari Jepang seperti PT. SEII, Tee Kay Corporation dan Kobuto akan datang ke sekolah setempat untuk menyeleksi para Taruna-Taruni (siswa-siswi).

“Dengan banyaknya permintaan Perusahaan dari Jepang, SMKN 1 Palibelo terus berbenah, dan berinovasi,” ujarnya.

Upaya berbenah dan inovasi yang dilakukan yakni dengan cara meningkatkan kualitas peningkatan kompetensi para instruktur. Pihak sekolah mengirim para instrukturnya ke BPPMPV Boe Malang dan Upskilling BPPMPV Cianjur untuk mendapatkan ilmu lebih banyak.

“Kita harapkan, sepulang dari pelatihan, para instruktur bisa menerapkan ilmunya kepada para Taruna – Taruni,” ujarnya.

Ia mengaku keunggulan itulah yang menjadikan SMKN 1 Palibelo dipercaya oleh para orang tua wali untuk menitipkan anak-anaknya bersekolah dan bekerja setelah menjadi alumni. Bagi SMKN 1 Palibelo, SMK Bisa, SMK Hebat, SMK Kerja, SMK Wirausaha, SMK Luar Biasa, bukan hanya sekedar jargon NTB Gemilang. Namun hal itu sudah dipraktekkan.

“Upaya kami lakukan tidak ada yang sia-sia. Sekarang alumni SMKN 1 Palibelo banyak yang sudah bekerja di Jepang berdasarkan Tracer Study kami,” ujarnya.

Ratnah menambahkan prestasi yang diraih oleh SMKN 1 Palibelo itu tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB melalui Dikbud NTB yang terus berkontribusi bagi kemajuan SMKN di Provinsi NTB khususnya SMKN core perikanan budidaya dan pengolahan ikan. (uki)