Pendaftaran Sudah Dibuka, Warga NTB Bisa Daftar Beasiswa Chevening Inggris

0

Mataram (Suara NTB) – Pendaftaran beasiswa bergengsi Inggris, Chevening, sudah dibuka mulai tanggal 12 September hingga 7 November 2023. Masyarakat Indonesia termasuk warga NTB bisa mendaftar beasiswa ini.

Beasiswa Chevening ditujukan untuk individu dari semua latar belakang yang memiliki komitmen dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi pemimpin masa depan.

Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor-Leste, Matt Downing mengatakan, sejak program ini diluncurkan pada tahun 1983, lebih dari 55.000 profesional mempunyai kesempatan untuk meningkatkan karir mereka melalui Chevening.

Sebanyak 20 kepala negara atau pemerintahan saat ini serta beberapa mantan kepala negara di negara-negara di dunia adalah alumni Chevening.

‘’Ada sekitar 1.500 beasiswa yang ditawarkan secara global untuk tahun akademik 2024/2025. Jumlah ini menunjukkan komitmen berkelanjutan Inggris dalam membangun pemimpin masa depan seiring dengan perayaan ulang tahun Chevening yang ke-40,’’ kata Matt Downing dalam keterangan tertulis yang diterima Suara NTB Rabu, 13 September 2023.

Matt Downing sendiri sudah pernah datang ke NTB bulan Februari 2023 dan beetemu dengan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB. Salah satu hal yang dibahas adalah kerjasama bidang pendidikan dan lingkungan.

Beasiswa ini menawarkan dukungan finansial penuh bagi para sarjana untuk belajar meraih gelar S2 yang memenuhi syarat di lebih dari 150 universitas di Inggris.

Selain itu kata Matt, penerima beasiswa Chevening ini berkesempatan mendapatkan akses ke berbagai pengalaman eksklusif terkait akademis, profesional, dan budaya.

Beasiswa Chevening katanya menjadi cara terbaik untuk menunjukkan komitmen jangka panjang dan berkelanjutan Inggris terhadap hubungan ini.

“Kami percaya bahwa dengan mendukung talenta-talenta cemerlang untuk belajar dan menjalani pendidikan S2 mereka di Inggris, kami membekali mereka untuk membangun masa depan Indonesia dan dunia,” imbuh Matt Downing.

Pengajuan aplikasi dilakukan melalui formulir aplikasi online di chevening.org/apply . Persyaratan utama beasiswa chevening yaitu menjadi warga negara atau wilayah yang memenuhi syarat Chevening. Kemudian kembali ke negara asal minimal dua tahun setelah penghargaan berakhir.

Telah menyelesaikan semua komponen gelar sarjana yang memungkinkan penerima beasiswa untuk masuk ke program pascasarjana di universitas Inggris pada saat mengirimkan aplikasi.

Kemudian memiliki setidaknya dua tahun (setara dengan 2.800 jam) pengalaman kerja. Serta mendaftar ke tiga program studi berbeda di universitas Inggris yang memenuhi syarat dan telah menerima tawaran tanpa syarat dari salah satu pilihan ini sesuai batas waktu yang tercantum pada jadwal pendaftaran.

Adapun keuntungan mengikuti  Beasiswa Chevening yaitu niaya kuliah universitas, tunjangan bulanan, biaya perjalanan ke dan dari Inggris, tunjangan kedatangan, tunjangan keberangkatan pulang, biaya satu permohonan visa serta hibah perjalanan untuk menghadiri acara Chevening di Inggris.

Matt mengatakan, semua pelamar Chevening harus menyerahkan dokumen pendidikan, referensi, dan satu tawaran universitas Inggris tanpa syarat.

Batas waktu untuk dokumen-dokumen yang diperlukan ini ada di timeline aplikasi Chevening chevening.org/apply.

“Jika Anda terpilih secara bersyarat untuk Beasiswa Chevening, penting bagi Anda untuk menyerahkan dokumen-dokumen ini agar dapat tetap mengikuti prosesnya,” katanya. (ris)