Siswa SMAN 5 Mataram Pahami Pajak Lewat Kunjungan Belajar

0

Mataram (Suara NTB) –  SMAN 5 Mataram mengadakan studi kunjungan (Office Tour) ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Mataram Barat dalam kegiatan Tax Goes to School, pada Kamis, 6 September 2023.. Kegiatan kunjungan belajar ini sebagai wujud kerja sama antara SMAN 5 Mataram dengan KPP Pratama Mataram Barat. Kegiatan kunjungan ini sebagai bentuk kerja sama sekolah dalam mendukung Program Inklusi Kesadaran Pajak dalam pendidikan pada agenda Tax Goes to school-Tour Kantor Pajak 2023 dengan tema Sadar Pajak Bukti Peduli kepada Negara.

Studi kunjungan ini diikuti oleh siswa Kelas XI berjumlah 36 orang yang didampingi oleh Wakil Kepala SMAN 5 Mataram Bidang Humas, Muhammad Sofyan. Dalam kunjungannya, siswa mendapatkan kesempatan jalan-jalan  melihat  aktivitas pelayanan yang diberikan KPP Pratama Mataram Barat,

Sofyan menyampaikan, program ini bagus, bisa memberikan edukasi kepada anak-anak tentang pentingnya pajak. “Selain itu siswa dapat mengetahui bagaimana kantor pajak memeberikan pelayanan serta apa tugas dan fungsi pegawainya,” ujarnya.

Selama perjalanan berlangsung, siswa mendapatkan bimbingan, mendapatkan informasi terkait pelayanan dan aktivitas KPP Mataram Barat. Salah seorang penyuluh dari KPP Mataram Barat, Hartono banyak menjelaskan dan memberi pengetahuan tentang tugas dan fungsi KPP Pratama Mataram Barat dalam memberikan pelayanan kepada wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban di bidang perpajakan

Kepala Kantor Pelayanan Pajak Mataram Barat, Devi Sonya Adrince dalam sambutannya menyampaiakan, tax goes to school merupakan sarana untuk memperkenalkan perpajakan kepada pelajar selaku generasi penerus bangsa. “Ini bagian dari tugas kami untuk secara terus menerus memberikan edukasi, pemahaman kepada masyarakat yang dimulai dari generasi muda yaitu para siswa,” ujarnya.

Menurut Lulu, salah satu peserta kunjungan kantor pajak, kegiatan ini sangatlah bermanfaat bagi para generasi penerus bangsa. Dari sosialisasi ini, Lulu menuturkan bahwa para peserta studi kunjungan tahu akan pentingnya membayar pajak termasuk manfaat dan akibatnya apabila masyarakat tidak membayar pajak.

Melalui penjelasan dari tim KPP Pratama, para peserta disadarkan bahwa banyak barang dan hal kecil di sekitar siswa di sekolah bersumber dari pajak. “Serta ini memberikan kesan yang positif untuk kami terlebih saya, ini pengalaman pertama masuk kantor pajak, sehingga jadi lebih tahu bagaimana pegawai pajak memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam melaksanakan hak dan kewajiban di bidang perpajakan dan memahami pembagian tugas dan fungsi pegawai pajak,” ujar Lulu.

Di akhir kunjungan, Kantor Pelayanan Pajak menyerahkan piagam penghargaan kepada sekolah atas kerja samanya melakukan edukasi perpajakan Tax Goes to School-Tour kantor Pajak 2023. (ron)