Tingkatkan Kemahiran Berbahasa, Kantor Bahasa NTB Kerja Sama dengan IPDN

0

Mataram (Suara NTB) – Kegiatan Peningkatan Kemahiran Berbahasa Inggris yang dijalankan oleh IPDN Kampus NTB bekerja sama dengan Kantor Bahasa Provinsi NTB telah memasuki tahap pengajaran pada Jumat, 8 September 2023.  Kelas pengajaran disesuaikan dengan hasil tes awal TOEFL yang telah dilaksanakan hari Jumat, 1 September 2023.

Kelas pengajaran dilaksanakan secara gabungan bersama 231 praja IPDN Kampus NTB. Sebelum pengajaran dimulai, Direktur IPDN Kampus NTB, Dedy Suhendi, yang berkesempatan hadir pada kegiatan ini menyampaikan sambutan pembuka kelas pengajaran bahasa Inggris. Ia mengungkapkan dukungan penuh dan apresiasi atas pelaksanaan program kemitraan yang telah terjalin dengan Kantor Bahasa Provinsi NTB sejak awal tahun 2022, khususnya dalam hal Peningkatan Kemahiran Berbahasa Inggris.

“Bapak Rektor berpesan untuk segera mengikat dan menindaklanjuti program kemitraan ini dalam bentuk penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara IPDN dan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa sebagai struktur lembaga tertinggi. Harapannya adalah program kemitraan ini menjadi program utama yang dapat dilaksanakan serentak di tujuh kampus IPDN di Indonesia sehingga hasil pengajaran bahasa Inggris ini dapat disebarkan ke kampus-kampus IPDN lainnya. Semoga anak-anak, para praja dapat berkontribusi aktif atas pengajaran ini. Praja sekarang harus lebih interaktif, inovatif, kreatif, dan berpikir luas untuk pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan terfokus,” ungkapnya.

Berikutnya, kelas dimulai dengan pembagian jenjang kelas sesuai hasil tes awal TOEFL, yaitu kelas mahir (TOEFL), kelas pertengahan, dan kelas dasar. Tim pengajar yang hadir, yaitu Zamzam Hariro, Safoan Abdul Hamid, dan I Nyoman Cahyasabudhi Santosa. Zamzam Hariro menyampaikan hasil tes awal dan pembagian kelas. Ia juga menjelaskan teknis pengajaran pada masing-masing kelas beserta materi awal bahasa Inggris.

Peraih nilai awal TOEFL tertinggi diberikan kesempatan untuk memulai praktik berbicara dalam bahasa Inggris. Kemudian, praktik ini diikuti oleh beberapa praja. Kelas hari ini dikemas dalam bentuk diskusi, praktik bicara, dan penampilan menyanyi dalam bahasa Inggris untuk mendorong semangat dan motivasi para praja dalam peningkatan kemahiran berbahasa Inggris yang akan berlangsung sampai bulan November 2023. (ron)