KKI Rekomendasikan Pembukaan PPDS Kedokteran Kelautan Unram

0

Mataram (Suara NTB) – Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) telah mengeluarkan Surat Rekomendasi Pembukaan Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Kedokteran Kelautan pada Fakultas Kedokteran Universitas Mataram (FK) Unram. Dengan demikian PPDS Kedokteran Kelautan yang juga telah mendapatkan izin operasional berdiri dari pemerintah melalui Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 539/E/O/2023 tertanggal 16 Juni 2023 juga telah diakui dan mendapatkan rekomendasi dari KKI.

Hal itu disampaikan Dekan FK Unram, Prof. Dr. dr. Hamsu Kadriyan, Sp.THT–KL(K)., M.Kes., pada Minggu, 10 September 2023. Menurutnya, terbitnya surat rekomendasi ini setelah dilakukannya visitasi pada tanggal 18-19 Agustus 2023. PPDS Kedokteran Kelautan FK Unram mendapatkan visitasi dari KKI, yaitu dr. Mariatul Fadilah, MARS, Sp.KKLP, PhD; dr. Ni Nyoman Mahartini, SpPK(K); Desy Apriana, SKM, MKM; Aditya Dwi Purwaningsih, SKM; dan Femia Paramitha.

“Visitasi ini bertujuan mengevaluasi dan memastikan kualitas program pendidikan kedokteran kelautan di FK Unram sesuai dengan standar yang telah ditetapkan,” ujar Hamsu.

Visitasi itu berpusat di RSUD Provinsi NTB yang sekaligus akan menjadi Rumah Sakit Pendidikan Utama PPDS Kedokteran Kelautan FK Unram. Tim Visitasi disambut oleh Direktur RSUD Provinsi NTB, yaitu dr. H. Lalu Herman Mahaputra, M.Kes., MH., Rektor Universitas Mataram yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, yaitu Prof. Dr. IrSitti HilyanaM.Si., dan Dekan Fakultas Kedokteran UNRAM, yaitu Prof. Dr. dr. Hamsu Kadriyan, Sp.THT-KL(K), MKes.

Selama visitasi, tim KKI melakukan berbagai kegiatan evaluasi, termasuk Presentasi oleh Tim PPDS Kedokteran Kelautan FK Unram dan wawancara ke dosen. Tim KKI berbicara dengan dosen dan mahasiswa PPDS Kedokteran Kelautan FK Unram untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang program pendidikan, kurikulum, fasilitas, dan pengalaman belajar.

Tim KKI juga melakukan pemeriksaan langsung terhadap fasilitas yang digunakan dalam program PPDS Kedokteran Kelautan. Tim juga melakukan peninjauan kurikulum. Evaluasi kurikulum menjadi fokus penting dalam kunjungan ini. Tim KKI memeriksa struktur kurikulum, materi pembelajaran, dan metode pengajaran yang digunakan dalam program.

Selain itu, tim KKI menganalisis dokumen-dokumen yang terkait dengan program PPDS Kedokteran Kelautan FK Unram. Kemudian, tim KKI melakukan peninjauan ke Rumah Sakit dan wahana pendidikan. Selain berkeliling ke RSUD Provinsi NTB, Tim Visitasi melakukan kunjungan ke Poliklinik Layanan Hiperbarik RSUD Kota Mataram, di sana disambut oleh Direktur RSUD Kota Mataram, yaitu dr. Hj. Eka Nurhayati.,Sp.OG., Subsp.FER., M.Kes., M.Sc; selain itu juga berkunjung ke Kantor Kesehatan Pelabuhan Wilayah Kerja Lembar dan juga ke Prodi Ilmu Kelautan, Fakultas Pertanian, Unram.

“Semoga hal ini menjadi awal yang baik bagi PPDS Kedokteran Kelautan FK Unram yang saat ini menjadi yang pertama dan satu-satunya di Indonesia,” harap Hamsu. (ron)