Rektor Unham Terima Penghargaan Penulis Terbaik dari Perpusnas

0

Selong (Suara NTB) – Rektor Universitas Hamzanwadi (Unham) Lombok Timur (Lotim), Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, MPd., dan Dekan Fakultas Kesehatan, Dr. Hj. Hartini Haritani, menerima penghargaan bergengsi sebagai penulis terbaik dalam Kategori Stunting dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) di Jakarta, Kamis, 7 September 2023.

Penghargaan ini diberikan atas kontribusi mereka dalam penulisan buku terbaik di bidang stunting, yang merupakan hasil dari Hibah Penelitian Direktorat Riset Teknologi dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM) tahun 2023.

Humas Unham Dr. Halqi, dalam rilis yang diterima Suara NTB, buku ini merupakan karya dari Koordinator Program Studi Pendidikan Sosiologi di Unham.

Menurutnya, Rektor Unham Hj. Sitti Rohmi Djalilah mengaku bangga atas prestasi ini. Bahkan, buku tersebut adalah kontribusi berharga Unham dalam memberikan pemahaman mendalam mengenai stunting. Apalagi dalam menyelesaikan suatu masalah yang membutuhkan perhatian serius.

Selain itu, tambahnya, Rektor Unham yang juga Wakil Gubernur NTB ini menyebut, penanganan stunting merupakan tanggung jawab bersama semua pihak untuk memastikan generasi masa depan dapat tumbuh dengan sehat. Untuk itu, penghargaan ini adalah pencapaian bagi seluruh universitas, menandakan komitmen kuat institusi dalam menghasilkan penelitian berkualitas tinggi yang berdampak positif pada pendidikan dan masyarakat.

Ia juga melihat penghargaan ini sebagai motivasi bagi para penulis lainnya untuk terus menghasilkan karya berkualitas dan mendorong penerbitan buku yang dapat menjadi panduan bagi generasi muda yang berkeinginan untuk berkontribusi.

Judul buku yang diakui itu, tambahnya, adalah “Model Pendampingan Percepatan Penurunan Stunting Terintegrasi Posyandu.” Buku ini tidak hanya mengidentifikasi akar masalah stunting, tetapi juga memberikan solusi praktis dan rekomendasi kebijakan yang dapat membantu mengatasi masalah ini. Hal ini membuktikan peran penting universitas dalam berkontribusi terhadap pengetahuan dan sumber daya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pihaknya berharap buku ini akan menjadi sumber inspirasi bagi praktisi kesehatan, pembuat kebijakan, dan masyarakat umum dalam upaya bersama mengatasi masalah serius yang dihadapi anak-anak Indonesia dalam pertumbuhan dan perkembangan mereka. Tidak hanya itu, dengan penghargaan ini, Unham memperkuat posisinya sebagai pemimpin dalam pemecahan masalah stunting dan berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup anak-anak di Indonesia. (rus)