Momen Haornas Ke 40, Gubernur Perkenalkan Pj Gubernur

0

Mataram (Suara NTB) – Hari Olahraga Nasional (Haornas) diperingati setiap tanggal 9 September. Khusus untuk peringatan Haornas ke 40 tahun 2023 ini, di lingkup Pemprov NTB diperingati Jumat, 8 September 2023 di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB.

Peringatan Haornas ini dihadiri Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, Sekda NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi, MSi., pejabat lingkup Pemprov NTB, ASN dan siswa SMA/SMK di Kota Mataram.

Pada momen Haornas kali ini, Gubernur NTB H. Zulkieflimansyah memanfaatkannya untuk memperkenalkan pejabat yang akan menggantikan dirinya sebagai Gubernur NTB dan Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd., sampai terpilihnya gubernur definitif November 2024 mendatang.
‘’Mumpung banyak yang hadir, saya akan perkenalkan nanti Penjabat Gubernur pengganti saya. Lalu Gita, Pak Sekda kita,’’ ujarnya sambil dibarengi tepuk tangan yang hadir.

Gubernur berpesan pada Sekda NTB yang akan dilantik sebagai Pj Gubernur NTB tanggal 19 September mendatang agar sering berolahraga. ‘’Karena banyak juga pejabat yang kena serangan jantung sebelum dilantik. Kita beruntung akhirnya Pak Jokowi (Joko Widodo) Presiden kita mendengar doa kita semua, karena ada kesinambungan pembangunan,’’ ujarnya.

Atas nama Gubernur, lanjutnya, menyampaikan terima kasih pada seluruh masyarakat dan mengharapkan olahraga menjadi kebutuhan dan kewajiban bersama. ‘’Jadi saya persilakan Pj. Gubernur menyampaikan satu dua kalimat buat wejangan,’’ tambahnya.

Sementara Sekda NTB H. Lalu Gita Ariadi, menyampaikan, jika dirinya dalam menerima disposisi tidak hanya di dalam ruangan, tapi di luar ruangan seperti ini menerima disposisi. ‘’Jadi tidak hanya di ruangan kantor. Tapi di luar juga ada disposisi,’’ jawab Sekda sambil tertawa. ‘’Siap laksanakan,’’ tambahnya sambil memberi salam.

Dalam sambutannya, Sekda menegaskan, jika momen Haornas ini akan dijadikan starting point dalam mensukseskan penyelenggaraan PON XXII tahun 2028. Menurutnya, ditunjuknya NTB sebagai tuan rumah PON bersama Provinsi NTT merupakan legacy dari H. Zulkieflimansyah dan Hj. Sitti Rohmi Djalilah sebagai Gubernur dan Wagub NTB serta KONI NTB.

Untuk itu, Sekda meminta dukungan seluruh elemen yang ada di daerah ini mensukseskan momen NTB menjadi tuan rumah PON XXII tahun 2028 bersama Provinsi NTT. ‘’Mari segala kemampuan kita akan kita kerahkan untuk keharuman nama baik Nusa Tenggara Barat di kancah olahraga,’’ ujarnya.

Selain itu, dalam menuju PON XXII 2028, tambahnya, NTB banyak menjadi tuan rumah event olahraga berskala nasional. Diawali tahun 2025 sebagai tuan rumah Festival Olahraga Rekreasi Nasional yang induknya Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI). Tahun 2027 NTB menjadi tuan rumah Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) dan tuan rumah Pekan Olahraga Nasional Korpri, Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) dan puncaknya tahun 2028, sebagai tuan rumah PON.

Terkait hal ini tahun 2024, Pemprov NTB mulai meletakkan landasan ini dengan harapan anggaran sudah pulih.

Melihat banyaknya event olahraga yang akan digelar di NTB, mantan Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi NTB memohon pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) aga rmendukung event berskala nasional ini. ‘’Dan selalu rapat anggaran, saya yang memohon, bukan saya yang dimohon. Saya yang memohon pada tim. Tolong dipikirkan bagaimana dukungan terhadap kegiatan keolahragaan kita. Dukung sukses, prestasi sukses, penyelenggaraan sukses. Promosi bagi daerah kita. Adik-adik kita yang ada saat ini adalah yang akan menjadi pilar atlet kebanggaan 2028 dan seterusnya,’’ tegasnya.

Dengan menjadi tuan rumah banyak event olahraga, ujarnya, akan menggerakkan sektor pariwisata, menggerakkan ekonomi dan lainnya. Sekaligus membangun spirit kebanggaan daerah melalui olahraga. (ham)