MAN 1 Mataram Gelar Pelatihan Dasar Karya Tulis Ilmiah

0

Mataram (Suara NTB) – MAN 1 Mataram menggelar kegiatan Pelatihan Dasar Karya Tulis Ilmiah (PDKTI) yang melibatkan siswa dan siswi MAN 1 Mataram terpilih atau lolos melewati seleksi sebanyak 50 orang dari 70 orang siswa dan siswi yang mendaftar. Kegiatan ini dimulai pada Senin, 4 September 2023 bertempat di Aula MAN 1 Mataram.

Antusiasme siswa dan siswi MAN 1 Mataram terlihat sepanjang kegiatan berlangsung. Kepala MAN 1 Mataram, Dr. Lalu Sirajul Hadi, S.Ag., M.Pd., menekankan pentingnya siswa memiliki wawasan tentang tulisan karya ilmiah.

“Kegiatan ini penting untuk dilaksanakan sebagai tujuan kita agar pelajar memiliki pengetahuan dan wawasan tentang tulisan karya ilmiah, kemudian ada harapan juga untuk memotivasi pelajar sehingga memiliki ketertarikan atau keinginan untuk menulis, sekaligus terampil dalam dalam tulisan karya ilmiah,” jelas Sirajul Hadi.

Materi hari pertama disampaikan oleh Mahdi,S.Pd., M.Pd., dengan penyampaian materi mengenai Penulisan Dasar Karya Tulis Ilmiah Membentuk Siswa dan Siswi sebagai intelektual yang berwawasan dan terampil dalam menulis serta latihan Penulisan Karya Ilmiah.

Kegiatan PDKTI MAN 1 Mataram dilanjukan pada Selasa, 5 September 2023. Di hari kedua pelaksanaan kegiatan PDKTI, kegiatan ini diawali dengan pembukaan, sambutan, dan penyampaian materi mengenai Karya Tulis Ilmiah berupa “Tata Cara Membuat Proposal” dan latihan Penulisan Karya Ilmiah dan penutup.

Antusiasme siswa dan siswi MAN 1 Mataram terlihat sepanjang kegiatan berlangsung.  Kegiatan ini menurut salah satu pemateri Dedi Riyan Rizaldi salah satu ekstrakurikuler yang bisa dibilang dapat mengembangkan kemampuan menulis, mengembangkan keterampilan dalam hal praktikum atau percobaan. ‘’Sehingga tentunya adik-adik harus benar-benar bisa memaksimalkan kegiatan-kegiatan atau aktivitas-aktivitas nantinya yang akan disiapkan oleh panitia atau madrasah,” ujarnya. (ron)