Dukung Kenaikan Status Puskesmas, Warga Minta Pemkab Segera Realisasikan Rumah Sakit di Gunungsari

0

Giri Menang (Suara NTB) – Warga Gunungsari Lombok Barat (Lobar) berharap agar Pemkab segera merealisasikan peningkatan status Puskesmas menjadi rumah sakit. Keberadaan rumah sakit di Daerah itu sangat mendesak bagi warga untuk pelayanan publik sektor kesehatan. Pasalnya selama ini warga yang tak bisa ditangani di Puskesmas harus jauh-jauh dirujuk ke RSUD Tripat Gerung dan RSAM Narmada.

Dengan adanya rumah sakit di wilayah itu, warga tidak perlu lagi dirujuk ke dua rumah sakit rujukan yang jaraknya sangat jauh. H.Zahrul Maliki tokoh masyakarat setempat mengaku sangat mendukung langkah Pemkab untuk meningkatkan status puskesmas Gunungsari menjadi rumah sakit.

‘’Saya sangat mendukung, status Puskesmas ini dinaikkan menjadi ramah sakit. Karena apa? Dengan dinaikkan menjadi rumah sakit, memperpendek jarak rujukan, bahkan tak perlu lagi merujuk,”kata politisi PKB ini, Kamis, 7 September 2023.

Selama ini, warga setempat mengeluh karena jarak tempuh rujukan ke dua rumah sakit begitu jauh. Warga tak mampu ditangani di Puskesmas Gunungsari, harus dirujuk ke dua rumah sakit. Sementara, jaraknya jauh ditambah arus transportasi yang padat (ramai) menuju ke rumah sakit tersebut. Kendala ini perlu menjadi bahan pemikiran dan pertimbangan. Sebab warga sakit yang butuh penanganan cepat bisa jadi di perjalanan terjadi sesuatu yang fatal. “Makanya kenaikan status ini kita mendukung betul, bahkan sebenarnya mendesak,”tegas mantan anggota DPRD Lobar tiga periode ini.

Sebab kalau sudah ditingkatkan menjadi rumah sakit, maka tentu SDM seperti dokter, tenaga kerja dan fasilitas kesehatan akan lengkap. Sehingga tidak lagi warga dirujuk jauh-jauh ke rumah sakit. Hal ini jelas dia, mempermudah dan meningkatkan pelayanan pada warga. “Ini kita suarakan agar segera,”ujarnya. Jika rumah sakit ini terealisasi tentu menjadi kebanggaan tersendiri baginya. Sebab ketika duduk menjadi wakil rakyat beberapa tahun silam ia termasuk salah satu yang ikut andil merelokasi Puskesmas itu ke lokasi saat ini. Untuk merelokasi Puskesmas tersebut, ketika itu diperoleh DAK dari pusat.

Dari sisi cakupan warga yang dilayani di rumah sakit ini nanti sangat besar. Sebab tidak hanya di Kecamatan Gunungsari dan Batulayar. Namun juga warga luar Lobar seperti KLU di daerah perbatasan. Bahkan warga Mataram bisa ke rumah sakit ini nantinya. (her)