Dikawal Tim Ahli, Pembangunan Puskesmas Batujangkih Dilanjutkan

Praya (Suara NTB) – Proses pembangunan Puskesmas Batujangkih Kecamatan Praya Barat Daya, Lombok Tengah (Loteng) akhirnya bisa kembali dilanjutkan. Setelah sempat mangkrak hampir dua tahun lamanya. Namun kali ini, Dinas Kesehatan (Dikes) Loteng memutuskan melibatkan tim ahli konstruksi untuk mengawal proses pembangunan puskesmas tersebut. Mengingat, kondisi kontruksi bangunan yang bermasalah saat pembangunan awal tahun 2021 lalu.

“Untuk kelanjutan pembangunan Puskesmas Batujangkih memang ada penanganan khusus yang dilakukan. Dengan melibatkan tim ahli konstruksi. Karena ada masalah dikonstruksi bangunan saat pembangunan awalnya dulu,”terang Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dikes Loteng, Edy Syahroji, kepada Suara NTB, Rabu, 6 September 2023.

Ditemui dikantornya, Edy mengaku pelibatan tim ahli konstruksi tersebut dilakukan untuk memastikan konstruksi bangunan yang bermasalah bisa ditangani dengan maksimal sekaligus bisa membantu PPK dalam hal pengambilan keputusan. Sehingga tidak hanya selesai dari sisi gedungnya saja. Tetapi dari sisi konstruksi bangunannya juga aman.

Terlebih kontur tanah di lokasi pembangunan Puskesmas Batujangkih terbilang labil. Untuk itu dibutuhkan penanganan khusus supaya kondisi strukktur kontruksi bangunan benar-benar mantap serta aman. Meski dengan anggaran yang terbatas hanya Rp 1,9 miliar, sisa anggaran pekerjaan sebelumnya, namun pihaknya ingin bangunan Puskesmas Batujangkih selesai dan aman digunakan.

Saat ini lanjut Edy proses pengerjaan Puskesmas Batujangkih sudah berjalan. Setelah kontrak pekerjaan ditandatangani pada 20 Agustus 2023 kemarin. Dengan lama pekerjaan selama 120 hari. Namun pihaknya sudah meminta pihak rekanan mempercepat pekerjaannya selama 90 hari sudah harus selesai.

Artinya, paling lambat akhir November mendatang bangunan Puskesmas Batujangkih sudah selesai dikerjakan. Karena di bulan Desember itu sudah direncanakan akan dilakukan akreditasi terhadap Puskesmas Batujangkih. Supaya setidaknya awal tahun 2024 mendatang bangunan Puskesmas Batujangkih sudah bisa digunakan sebagai tempat pelayanan kesehatan bagi masyarakat di lima desa yang menjadi area layanan Puskesmas Batujangkih.

“Kita merasakan masyarakat sekitar sudah sangat haus dengan pelayanan kesehatan dengan tempat yang layak. Untuk itu, kita ingin penyelesaian pekerjaan Puskesmas Batujangkih bisa dipercepat. Dengan tetap memperhatikan aspek kualitas serta keamanan bangunan,” imbuhnya.

Lebih lanjut Edy menjelaskan, selaian pekerjaan utama ada beberapa pekerjaan tambahan yang juga dilakukan. Salah satunya pengerjaan talud dan saluran drainase disekitar bangunan utama. Keberadaan saluran drainase tersebut dimaksudkan untuk melindungi bangunan utama dari potensi terkikis air.

Mengingat posisi bangunan yang berada di kemiringan, sehingga perlu ada pengaman supaya air tidak menggerus dasar bangunan. Jadi meski ada hujan lebat, air yang masuk dari area pemukinan maupun jalan raya bisa disalurkan melalui saluran drainase yang ada. Tanpa harus melewati sisi bangunan utamanya.

“Walaupun sudah ada penanganan khusus terhadap struktur kontruksi bangunan, tetapi kita tetap menambah pengamanan. Supaya bangunan benar-benar aman,” tandasnya. (kir)

RELATED ARTICLES









Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Dipimpin Kaesang Pangarep, PSI NTB Optimis Target Pemenangan Pileg 2024 Tercapai

0
Mataram (Suara NTB) – DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) NTB makin optimistis menatap kemenangan pemilu 2024 setelah nahkoda kepemimpinan Ketua Umum DPP PSI resmi...

Latest Posts

Dipimpin Kaesang Pangarep, PSI NTB Optimis Target Pemenangan Pileg 2024 Tercapai

Mataram (Suara NTB) – DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI)...

Swiss-Belhotel International Memikat Pasar Indonesia Timur dengan Rebranding Swiss-Belcourt Lombok

Praya (Suara NTB) – Swiss-Belhotel International dengan bangga memperkenalkan...

Gelar Wisuda Ke-XXIV, STP Mataram Hasilkan Lulusan yang Siap Kerja

Mataram (Suara NTB) –  Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram...

Pj Gubernur Ajukan Raperda tentang Pajak dan Retribusi Daerah

Mataram (Suara NTB) - Penjabat (Pj) Gubernur NTB Drs...

Dishub Lobar Wacanakan Kenaikan Tarif Parkir

Giri Menang (Suara NTB) - Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok...

ARTKEL ACAK

Usai Dilantik Mendagri, Pj Gubernur Pulang Kampung dan Ziarah ke Makam Orang Tua

0
Praya (Suara NTB) - Sekda NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si., dilantik Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian sebagai Penjabat (Pj) Gubernur NTB...

Dukung Slogan Pj Walikota DPRD Harap Masalah Kemiskinan dan Pengangguran Dituntaskan

0
Kota Bima (Suara NTB) - Anggota DPRD Kota Bima, Hj. Mutmainnah mendukung slogan Kota Bima Gemilang yang digunakan Penjabat (Pj) Walikota Bima, Ir. Mohammad...

Penerimaan PPPK Dimulai, Kepala BKD Ingatkan Tidak Tergiur Tawaran Tidak Jelas

0
Mataram (Suara NTB) – Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) resmi dimulai, Rabu, 20 September 2023. Sebelumnya,...

Kolom