Unram dan Undova Bersinergi untuk Pembangunan NTB

0

Mataram (Suara NTB) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mataram (Unram) mendapat kunjungan dari Wakil Rektor IV, Bidang Kerja Sama, Riset dan Inovasi Universitas Cordova Indonesia (Undova), Maslia Qomar, S.T., MPPM., didampingi oleh Novi Sry Wahyuni, S.Pd., M.Hum., selaku staf Bidang Kerja Sama. Pertemuan ini berlangsung di lobi LPPM Unram pada hari Senin, 4 September 2023.

Dalam pertemuan ini turut hadir dari LPPM Unram, yaitu Koordinator Pengabdian, Dr. Faturrahman, S.Pt.,M.Si.; Koordinator KKN dan Kerja Sama, Dr. Ir. Misbahuddin, S.T., M.T.; dan Koordinator Riset, Prof. Buan Anshari, ST., M.Sc.(Eng.)., Ph.D. Silaturahmi dan kunjungan kerja Undova ini merupakan salah satu bentuk keberlanjutan dari kegiatan Unram-Undova Mengabdi yang dilaksanakan pada bulan Agustus yang lalu.

Koordinator Pengabdian, Dr. Faturrahman, S.Pt., M.Si., memaparkan kunjungan tersebut adalah tindak lanjut dari kesepakatan kerja sama yang sudah ditandatangani sebelumnya oleh Ketua LPMM Unram dengan Rektor Undova. Kegiatan Unram-Undova Mengabdi adalah program kegiatan awal dari kesepakatan tersebut.

Pertemuan atau diskusi dengan Wakil Rektor IV, Bidang Kerja Sama, Riset dan Inovasi Undova, Maslia Qomar, S.T., MPPM. juga merupakan bagian dari memperkuat sekaligus memperluas ruang kerja sama yang akan dibangun ke depan oleh Unram dan Undova.

“Adapun harapan kami, tentunya kita ingin kehadiran Unram sebagai Leader University di Nusa Tenggara Barat (NTB) itu memberikan dampak nyata bagi pembangunan di NTB, baik itu di Pulau Lombok maupun Pulau Sumbawa. Kami juga berharap SDM Unram yang luar biasa besar ini dapat mengambil peran strategis dalam pembangunan pedesaan, pemberdayaan masyarakat pesisir, membantu dan bersinergi dengan perguruan tinggi lain, serta pemerintah dalam mengatasi berbagai persoalan nyata yang ada masyarakat,” jelas Faturrahman.

Beberapa poin penting yang dibahas dalam pertemuan tersebut di antaranya rencana join konferensi Unram-Undova, kerja sama tripartite antara UTM Malaysia-Unram-Undova dalam bidang teknologi, mempererat dan memperkuat kerja sama riset dan pengabdian yang bersifat solutif terhadap permasalahan riil masyarakat khususnya yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), prospek pengembangan dan pengelolaan technopark KSB, dan memperkuat kerja sama di bidang pengelolaan jurnal.

Ke depan, akan dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unram dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Pertanian Perikanan Undova. (ron)