SMAN 3 Mataram Uji Publik Hafalan Qur’an

0

Mataram (Suara NTB) – SMAN 3 Mataram mengadakan uji publik hafalan Qur’an juz 1-4 dan juz 30 pada Jumat, 1 September 2023. Kegiatan uji publik ini sudah dipersiapkan dari beberapa bulan sebelumnya. Kegiatan ini melalui beberapa seleksi dan yang masuk kualifikasi sebanyak 12 siswa dari beberapa peserta dididk yang masuk seleksi. 12 orang lulus sampai ujian terakhir dan itu yang berhak mengikuti uji publik hari ini.

Kepala SMAN 3 Mataram, Drs. H. Zumri memberikan pembukaan dan melakukan pengujian ke peserta didik. Zumri menyampaikan uji publik kali ini adalah kegiatan tahun kedua. “Kegiatan ini menjadi motivasi bagi seluruh siswa SMAN 3 Mataram untuk menghafalkan Al-Qur’an,” ujarnya. 

Acara demi acara bergulir, sampailah ke acara yang cukup mendebarkan. Acara uji publik di mana para peserta satu per satu harus menjawab tantangan menyambung ayat secara acak baik dari penguji utama maupun dari tamu undangan yang hadir pada kesempatan itu. Penguji Utama adalah Kepala Sekolah dan guru SMAN 3 Mataram. 

“Hal yang sangat menarik, ketika para hadirin baik itu bapak/ibu guru maupun siswa diberikan kesempatan untuk turut memberikan pengujian di kegiatan tersebut,” ujar Zumri. 

Zumri menjelaskan, kegiatan uji publik hafalan Qur’an kali ini diharapkan akan menjadi pemicu semangat putra putri calon Hafiz Qur’an ini untuk lebih istikamah dalam menambah dan mengulang hafalan. “Semoga ikhtiar ‘menghadirkan sejuta hafiz di bumi seribu masjid’ ini segera terwujud,” harapnya. (ron)