Sekolah Penggerak dan Ramah Anak, SDN 3 Suka Makmur Gelar Sabtu Budaya

Giri Menang (Suara NTB) – Sekolah Dasar Negeri 3 Suka Makmur menjadi pelaksana Sekolah Penggerak Angkatan 2 dan Sekolah Ramah Anak menggelar Program Sabtu Budaya. SDN yang terletak di Kecamatan Gerung, Lobar tersebut menggelar Sabtu budaya sebagai bagian dari komitmennya sebagai Sekolah Penggerak Angkatan 2 dan Sekolah Ramah Anak.

Jumawardi, S.Pd, kepala SDN 3 Suka Makmur, mengatakan, sekolahnya menjadi pelaksana Sekolah Penggerak Angkatan 2 dan Sekolah Ramah Anak.

“Acara ini merupakan bagian dari Program Sabtu Budaya dan bertujuan untuk menyosialisasikan isu penting tentang bullying di sekolah,” jelas dia.

Menurutnya, acara ini sangat penting sebagai bagian dari komitmennya sebagai Sekolah Penggerak Angkatan 2 dan Sekolah Ramah Anak. “Acara ini merupakan bagian dari Program Sabtu Budaya dan bertujuan untuk mensosialisasikan isu penting tentang bullying di sekolah,” kelasnya.

Kegiatan ini diisi pagelaran seni suara, seni tari, dan berbagai kreativitas siswa yang menghibur semua yang hadir. Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Suka Makmur, Bripka Burhanudin memberikan sosialisasi yang informatif tentang perundungan.

Ia menjelaskan bahwa perundungan, adalah tindakan kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh satu individu atau kelompok yang lebih kuat terhadap orang lain dengan tujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara berulang. Contoh tindakan perundungan mencakup penendangan atau pemukulan terhadap teman sekelas, penghinaan terhadap guru, penghinaan terhadap teman sebaya, dan tindakan tidak terpuji lainnya.

Selain itu, penyebab perundungan juga dapat terkait dengan ketidakseimbangan kekuatan dan pengaruh buruk dari teman sebaya. Untuk mencegahnya, Bapak Burhanudin menekankan pentingnya menciptakan lingkungan sekolah yang aman, nyaman, dan sehat, serta memberikan sanksi tegas kepada pelaku perundungan.Tak ketinggalan, Ketua Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat Desa Suka Makmur, Bapak Drs. H. Tamjidillah, memberikan materi tentang sekolah ramah anak. Sekolah ramah anak adalah lembaga pendidikan yang melindungi hak-hak anak dan berfokus pada pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan anak.

Hal ini mencakup perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi, dan perlakuan salah lainnya selama di sekolah.Dalam mendukung konsep sekolah ramah anak, SDN 3 Suka Makmur telah mengimplementasikan berbagai kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan bakat dan minat siswa, seperti musik, kepramukaan, karate, dan pembinaan karakter siswa.Sekolah Dasar Negeri 3 Suka Makmur berkomitmen untuk terus mendukung dan melindungi hak-hak anak serta menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan ramah untuk semua siswa. (her)

RELATED ARTICLES









Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Bupati KSB Targetkan Jalan Lingkungan Desa Mulus

0
Taliwang (Suara NTB) - Bupati Sumbawa Barat, H. W. Musyafirin menyatakan, misi "jalan tanah" yang diusung pemerintahannya tahun ini akan mulai menyasar pembangunan dan...

Latest Posts

Bupati KSB Targetkan Jalan Lingkungan Desa Mulus

Taliwang (Suara NTB) - Bupati Sumbawa Barat, H. W....

Kader Golkar Loteng Dukung Suhaili di Pilkada NTB Nursiah di Pilkada Loteng

Praya (Suara NTB) - Nama H.M. Suhaili, FT., diinternal...

Disiplin dan Amanah Jaga NKRI, 21 Putra KLU Jadi Anggota Komponen Cadangan

Tanjung (Suara NTB) - Sebanyak 21 orang putra daerah...

Nonton MotoGP, Penonton Bisa Gunakan Kendaraan Sendiri

Mataram (Suara NTB) - MotoGP di Pertamina Mandalika International...

Anggaran Rp17 Miliar, Kasus Stunting di Lobar Berhasil Ditekan

Giri Menang (Suara NTB) - Pemerintah pusat menggelontorkan Rp17...

ARTKEL ACAK

Sistem Layanan PDN Terganggu, Peserta Seleksi PPPK di Lobar Belum Bisa Mendaftar di SSCASN

0
Giri Menang (Suara NTB) - Peserta seleksi Penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), di Lombok Barat (Lobar) belum bisa mendaftar akibat gangguan pada...

Bupati Ajukan Pembahasan Tiga Raperda ke DPRD Lotim

0
Selong (Suara NTB) - Bupati Lombok Timur, H. M. Sukiman Azmy mengajukan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), Selasa, 19 September 2023. Pertama tentang Perubahan...

Produk Khas NTB Mahal dan Ikhtiar Menekan Harga

0
NTB  memiliki banyak produk lokal yang berbeda dengan daerah lain di Nusantara dan dunia. Banyak kuliner atau produk khas NTB ini dikemas melalui program...

Kolom