Direksi Perumdam Bintang Bano Diundang Sampaikan Rencana Bisnis

0

Taliwang (Suara NTB) – Dewan Pengawas (Dewas) Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Bintang Bano telah menjadwalkan mengundang Beni Ahmadi untuk menghadap.

Undangan tersebut dalam rangka memberikan kesempatan kepada Beni selaku direktur baru Perumdam Bintang Bano menyampaikan pemaparan rencana bisnisnya. “Hari ini udangannya kami kirimkan,” kata anggota Dewas Perumdam Bintang Bano, Sri Ayu Idayani, Selasa, 5 September 2023.

Ayu menjelaskan, Dewas sebagai perpanjangan tangan pemerintah selaku pemilik modal yang ditugasi melakukan pengawasan perlu mendengar pemaparan secara formal Beni sebagai direktur. Bagaimana kemudian dirinya akan mengeksekusi setiap pengembangan usaha Perumdam Bintang Bano yang disiapkan ke depannya. Termasuk juga dalam hal bagaimana strategi direksi menjaga manajemen perusahaan tetap berjalan lancar. “Hasil pemaparannya nanti akan jadi bahan evaluasi kami terhadap kinerja direksi,” sebutnya.

Perumdam Bintang Bano sebagai perusahaan milik pemerintah tentu lebih kompleks dalam pengelolaamnya. Terlebih usaha yang dijalankan adalah jasa layanan dan spesifik produknya berupa air bersih yanh menjadi salah satu kebutuhan dasar masyarakat.

Menurut Ayu, kemampuan direksi harus benar-benar mumpuni agar bagaimana kemudian ia mampu mengelaborasi jalannya perusahaan. Di satu sisi mengejar provit dan sisi lainnya menjadi sarana pemerintah memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat.

“Strateginya perlu kita dalami lagi nanti saat penyampaian rencana bisnis itu,” ujarnya.

Selanjutnya Ayu yang juga menjabat Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) ini menambahkan, rencana bisnis direksi juga dibutuhkan bagi pemilik modal sebagai bahan pertimbangan.

Jika rencana direksi itu dianggap baik dan mempunyai prospek yang sangat menjanjikan maka pemerintah KSB dalam hal ini sebagai pemilik modal tunggal Perumdam Bintang Bano pastinya akan menambah investasinya. “Sehingga pertemuan kami dengan direksi nanti sangat penting pastinya,” tukasnya.

Beni Ahmadi dilantik sebagai direktur Perundam Bintang Bano, pada Kamis, 31 Agustus 2023, di Graha Fitrah kompleks KTC. Pengambilan sumpah dan pelantikan dilakukan oleh Bupati Sumbawa Barat, H. W. Musyafirin.

Beni menjabat selama 5 tahun ke depan menggantikan posisi direktur sebelumnya, Bambang, yang telah memasuki masa pensiun terhitung 16 Juni 2023 lalu. Terpilihnya Beni sebagai nahkoda baru salah satu perusahaan plat merah KSB itu lewat proses seleksi terbuka setelah menyisihkan 3 pelamar lainnya.

Bupati dalam sambutannya mengatakan, jabatan direksi Perumdam Bintang Bano sangat berat karena bergerak di bidang jasa layanan. Tantangannya bahkan semakin tinggi karena sebagai perusahaan Perumdam tidak sekedar mengejar benefit (keuntungan) secara finansial tetapi produknya adalah bagian layanan dasar kepada masyarakat. “Di sini membutuhkan empati dan kepedulian,” katanya.

Dalam menjalanlan tugas memimpin Perumdam, bupati mengingatkan Beni perlunya kerja keras dan tenaga ekstra. “Waktu kerjanya tidak menentu. Pipa dan jaringan bisa rusak kapan saja. Hilang satu baut (sambungan pipa) saja air tak bisa mengalir. Kadang tengah malam harus turun ke lapangan,” cetusnya seraya menambahkan agar seluruh aset dan sumber daya yang dimiliki Perumdam dimanfaatkan secara maksimal untuk memajukan perusahaan.

“Aset jaringan, SDM (pegawai) jaga dan maksimalkan kinerjanya tanpa terkecuali,” sambung bupati.

Bupati tak lupa menyinggung soal manajemen dan membangun relasi. Menurutnya, kemampuan manajemen sangat penting agar perusahaan kinerja perusahaan selalu prima. Demikian juga membangun relasi dengan semua pihak dibutuhkan agar kegiatan usahanya terus berkembang. “Soal aturan juga penting. Pak Beni silakan baca semua regulasi yang ada dan pahami sedetail mungkin. Terutama dalam hal keuangan,” tandas bupati.

Terakhir masih dalam sambutannya, bupati menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih kepada Beni karena bersedia menerima amanah jabatan sebagai direktur Perumdam Bintang Bano. Hal sama pun juga disampaikan kepada Bambang sebagai direktur lama yang turut hadir dalam acara pelantikan. “Pak Bambang saya atas nama pemerintah Sumbawa Barat sangat berterima kasih karena telah mengawali terbentuknya hingga Perumdam Bintang Bano bisa seperti sekarang ini,” imbuhnya. (bug)