Bang Zul Dorong Hutan Industri Diperluas

Mataram (Suara NTB) – Perluasan perhutanan sosial di Nusa Tenggara Barat diharapkan tidak saja bertambah dan  menggerakkan sektor ekonomi melalui industrialisasi namun secara bersamaan memelihara hutan dengan cara produktif.

“Di negara maju bukan tidak boleh menebang hutan. Tapi ada strategi agar keseimbangan terjaga dan menghasilkan secara ekonomi bagi masyarakat,” ujar Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, di Hotel Golden Palace, Mataram, Senin, 4 September 2023. Hal itu dikatakannya saat membuka rapat koordinasi percepatan perhutanan sosial yang dihadiri seluruh pemangku kebijakan se-NTB.

Dikatakannya, yang utama dari strategi perluasan dan pengelolaan hutan sosial adalah bagaimana menggerakkan semua pihak agar bekerja nyata. Dari sisi industri, peta jalan industrialisasi yang memanfaatkan lahan hutan dengan produknya dapat secara bersama sama diwujudkan oleh pemerintah dan masyarakat dengan strategi perluasan hutan yang tidak mengurangi namun bahkan melestarikan hutan.

Rahmat Sabari, perwakilan Balai Perhutana Sosial dan Kemitraan Lingkungan (BPSKL) mengatakan telah ada 82 ribu Ha perhutanan sosial di NTB dari target nasional 285 ribu Ha di tahun 2030.

Ditambahkannya, sepertiga dari kawasan hutan NTB akan dialokasikan untuk pengembangan kawasan  perhutanan sosial untuk menjawab persoalan lingkungan dan masyarakat pesisir hutan.

Dalam rencana induk kawasan pengembangan hutan terpadu NTB, yang sedang berproses adalah  kawasan Mandalika, kabupaten Bima dan Dompu dengan pendekatan mitigasi. “Nantinya strategi pengelolaan hutan sosial dengan pendekatan industrialisasi akan bersinergi dengan program program dinas,” jelasnya.

Hadir pula perwakilan kabupaten/kota, Kepala BPSK Jawa, Bali, Nusra, Kadis LHK dan stakeholder non pemerintah lainnya. (r)

RELATED ARTICLES









Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Latest Posts

ASEAN PR Nobatkan BRI Sebagai ‘Best Government Public Relations in Indonesia’, Buah Kehumasan Yang Efektif

Jakarta (suarantb.com)– Komunikasi yang efektif menjadi salah satu tolok...

Bukan Hanya untuk Beribadah, Ini Manfaat Sarung Gajah Duduk Dalam Keseharian

Mataram (Suara NTB) - Sarung adalah kain lebar yang...

Dipimpin Kaesang Pangarep, PSI NTB Optimis Target Pemenangan Pileg 2024 Tercapai

Mataram (Suara NTB) – DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI)...

Swiss-Belhotel International Memikat Pasar Indonesia Timur dengan Rebranding Swiss-Belcourt Lombok

Praya (Suara NTB) – Swiss-Belhotel International dengan bangga memperkenalkan...

ARTKEL ACAK

Mohammad Rum Ditunjuk Mendagri Jadi Penjabat Walikota Bima

0
Kota Bima (Suara NTB) - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi NTB, Ir. H. Mohammad Rum MT, resmi ditunjuk oleh Menteri...

Sistem Layanan PDN Terganggu, Peserta Seleksi PPPK di Lobar Belum Bisa Mendaftar di SSCASN

0
Giri Menang (Suara NTB) - Peserta seleksi Penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), di Lombok Barat (Lobar) belum bisa mendaftar akibat gangguan pada...

Jangan Dinaikkan

0
ANGGOTA Komisi II DPRD Kota Mataram, Misban Ratmaji, SE., meminta Hiswana Migas mengkaji ulang rencana kenaikan LPG 3 kilogram. ‘’Kita harapkan, terutama yang menyangkut...

Kolom