PT STM Kembali Gelar Pelatihan Manajemen Usaha bagi Pelaku UMKM Dampingan

0
Pelatihan manajemen usaha bagi pelaku UMKM dampingan PT STM di Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu.(Suara NTB/ist)

Dompu (Suara NTB) – PT Sumbawa Timur Mining (STM) kembali menggelar pelatihan manajemen usaha bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dampingan. Pelatihan dalam peningkatan kapasitas pelaku UMKM dampingan ini sebagai konsekuensi dari berkembangnya Proyek Hu’u.

Kegiatan pelatihan yang berlangsung selama 3 hari pada 29–31 Agustus 2023 di aula UPTD Dinas Dikpora Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu ini dibimbing langsung oleh Bina Swadaya Konsultan (BSK) selaku konsultan yang ditunjuk PT STM untuk program pemberdayaan masyarakat bidang ekonomi.

Muhammad Kurniadin dari Community Relation (Comrel) PT STM mengungkapkan rasa bangga dan syukurnya atas perkembangan usaha pelaku UMKM binaan selama ini. Perkembangan usaha ini harus terus didukung, sehingga usahanya semakin maju dan mandiri. Ketersediaan bahan baku, produksi, dan pasar menjadi satu kesatuan dari sebuah usaha. Sehingga dibutuhkan manajemen yang baik, agar usaha bisa berkembang maju.

Untuk bisa menyiapkan produk selalu tersedia dengan pasar yang semakin berkembang dan luas, tentu pelaku UMKM akan melibatkan orang lain sebagai karyawan maupun mitra usaha. Agar usaha bisa terus maju dan berkembang, membutuhkan manajemen yang baik dan sederhana. “Pelatihan ini diberikan untuk melatih pelaku UMKM dampingan bisa mengembangkan usaha seiring semakin luasnya pasar dan berkembangnya Proyek Hu’u,” kata Kurniadin.

UMKM yang didominasi ibu-ibu di Kecamatan Hu’u ini mendapatkan materi pelatihan yang dibimbing Sika Tumimomor dari BSK selama 3 hari. Mulai dari mengenal diri dalam berwirausaha dan sikap wirausahawan, manajemen usaha, dan bisnis model canvas (BMC). Peserta tidak hanya dikenalkan BMC, segmen pasar, proporsi nilai, saluran distribusi, hubungan pelanggan, sumber pendapatan, sumber daya kunci, kegiatan utama dan kemitraan kunci. Tapi juga struktur biayanya.

Untuk lebih memberikan pemahaman kepada peserta, tim BSK sebagai kontraktor yang ditunjuk PT STM, tidak hanya memberikan materi pelatihan. Tapi peserta diajak diskusi terkait usaha yang dikembangkan dan langsung dibuatkan pemodelan praktek terhadap manajemen usaha masing-masing.

“Kami bersyukur bisa kembali mengikuti pelatihan manajemen usaha. Ini merupakan pelatihan lanjutan yang kami ikuti dari PT STM. Kami disegarkan kembali pengetahuan terhadap praktek yang kami jalankan selama ini,” ungkap Khairunnisa, pemilik UMKM Oma Ukkasyah yang ikut serta dalam pelatihan. (ula)