Program Kemitraan, Kantor Bahasa NTB Gelar Tes Awal TOEFL di IPDN Kampus NTB

0

Mataram (Suara NTB) – Kantor Bahasa Provinsi NTB melaksanakan kegiatan kemitraan dengan IPDN Kampus NTB. Kegiatan kemitraan diawali dengan pelaksanaan tes awal TOEFL bagi 231 Praja IPDN Kampus NTB di gedung perkuliahan pada Jumat, 1 September 2023.

Program kemitraan ini merupakan tahun kedua dalam hal Peningkatan Kompetensi Bahasa Inggris bagi Praja IPDN Kampus NTB. Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB, Puji Retno Hardiningtyas dalam pertemuan awal dengan tim IPDN Kampus NTB menyatakan bahwa kemitraan yang telah dibangun sejak tahun 2022 ini harus memberikan dampak positif bagi kedua lembaga.

“Kemitraan yang telah terjalin antara Kantor Bahasa NTB dan IPDN Kampus NTB berjalan dengan baik. Tentunya saya sangat senang akan menginginkan kemitraan ini. Harapan saya, kedua lembaga dapat terus meningkatkan kualitas dan manfaat program ini,” ungkapnya.

Latihan tes TOEFL bagian dalam dua sesi kegiatan. Sebelumnya, tim Penerjemah Ahli Muda Kantor Bahasa NTB, Zamzam Hariro, Safoan Abdul Hamid, dan I Nyoman Cahyasabudhi Santosa memberikan pengarahan teknis tes awal. Dengan adanya kegiatan ini, para praja yang mengikuti tes awal TOEFL dapat mengetahui kemampuan awal bahasa Inggris.

Selanjutnya program dilanjutkan dengan Pengajaran Bahasa Inggris yang difokuskan pada peningkatan kompetensi bahasa Inggris Praja IPDN Kampus NTB. Mulai tahun 2023, program kemitraan ini menjadi salah satu mata kuliah tambahan yang harus diikuti oleh setiap praja. Hal tersebut menjadi kebijakan IPDN Kampus NTB berdasarkan hasil Peningkatan Kompetensi Bahasa Inggris pada tahun 2022 yang menunjukkan tren positif bagi praja yang berhasil mendapatkan beasiswa pendidikan di dalam dan luar negeri. (ron)