80 Ribu Tiket Disiapkan pada MotoGP Mandalika 2023

0

Mataram (Suara NTB) – Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB,  Jamaludin Malady menyebutkan bahwa tiket yang disiapkan pada gelaran balap motor dunia MotoGP pada 13-15 Oktober 2023 sebanyak 80 ribu tiket. Meski demikian, di luar 80 ribu tiket ini terdapat jalur undangan. Ini untuk tokoh-tokoh yang diundang untuk menyaksikan pembalap MotoGP beradu cepat di lintasan Pertamina Mandalika International Circuit.

Masyarakat diminta tidak perlu khawatir untuk bisa menyaksikan MotoGP Oktober mendatang, karena selain menyiapkan 80 ribu tiket. Sarana prasarana pendukung lainnya juga disiapkan dengan maksimal.

MotoGP tahun sebelumnya penontonnya sebanyak 125 ribu selama dua hari. ‘’Pada saat itu kita akui memang ada krodit karena infrastruktur jalannya dari simpang Songgong atau Bundaran Songgong menuju ke Mandalika jalannya masih satu jalur. Nah sekarang sudah dua jalur empat lajur kalau di bypass bandara menuju Songgong sudah bagus sudah dua jalur dengan empat lajur,” ungkapnya.

Ia mengaku jika kemacetan pada MotoGP Maret 2022 terjadi mulai dari lokasi parkir timur dan parkir barat menuju ke sirkuit sehingga membuat para penonton berjalan kaki 3 hingga 4 kilometer. Namun saat ini sudah bisa terurai dengan dua jalur empat lajur. Hal ini juga dibuktikan pada saat gelaran WSBK Maret 2023 lalu hampir 60 ribu penonton dan tidak terjadi kemacetan.

“Infrastruktur, tempat parkir dan lainnya telah disiapkan di dalam sirkuit. Kalau dulu parkir pada saat WSBK yang lalu tidak bisa parkir di dalam sirkuit cuma yang tertentu yang bisa parkir,” ungkapnya. Mantan Kadis Perkim NTB ini menambahkan bahwa pihaknya telah berdiskusi dengan pelaku perjalanan wisata, travel agent, pelaku industri perhotelan dan asosiasi bahwa gelaran MotoGP ini menjadi momen yang sangat baik dalam menjual paket-paket perjalanan wisata kepada penonton MotoGP.

‘’Kalau nonton mungkin sehari dua hari, mereka ke NTB ini baik ke Lombok maupun Sumbawa sehingga kita harapkan untuk menjual paket-paket perjalanan wisata. Kita punya wisata alam yang memikat. Kita mewakili dunia sebab Indonesia itu nomor 5 di dunia saat ini wisata alamnya,’’ imbuhnya.

Karena itu, masyarakat NTB diharapkan untuk menjadi tuan rumah yang baik. Berikan pelayanan yang terbaik kepada para tamu yang akan datang ke NTB menyaksikan balap motor dunia MotoGP pada Oktober 2023. (bul)