Tak Butuh Perbaikan, Lintasan Sirkuit Mandalika Siap untuk MotoGP

0

Praya  (Suara NTB) – Mandalika Grand Prix Assocation (MGPA) memastikan sirkuit internasional Mandalika siap untuk gelaran balap dunia MotoGP 13-15 Oktober 2023 mendatang. Dari sisi sarana pendukung, terutama lintasan sirkuit  juga tidak butuh banyak perbaikan. Hanya perlu pemeliharaan skala kecil saja.

“Untuk lintasan sirkuit sejauh ini masih aman, tidak ada perbaikan. Kita hanya perlu merawat dan pemeliharaan aja,” tegas Manager Motor Sport MGPA, Denny Pribadi, Minggu, 20 Agustus 2023.

Salah satu upaya perawatan yang dilakukan yakni dengan memperbanyak event-event balap di sirkuit Mandalika. Baik itu hang skala nasional maupun lokal. Sebelum ini sejumlah event internasional juga sudah digelar di sirkuit Mandalika.

Terakhir, MGPA bersama dengan pabrikan motor dunia Yamaha menggelar ajang balap pencarian pembalap potensial yakni bLU cRU Sunday Race. Diikuti sekitar 188 pembalap dari sejumlah daerah di Indonesia.

Sebelumnya juga ada event Asia Road Racing Championship (ARRC) yang diikuti seratusan pembalap Asia. “Dengan adanya event-event tersebut sekaligus bisa memperlebar area racing line  di lintasan sirkuit Mandalika,” terang Danny.

Terbentuknya racing line yang sempurna akan membuat kondisi lintasan sirkuit Mandalika semakin bagus. “Semakin banyak dan sering kegiatan balap di sirkuit Mandalika sangat positif.  Membuat kondisi racing line lintasan sirkuit Mandalika semakin baik dan itu tentu sangat bagus bagi kesiapan sirkuit Mandalika,” ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Lombok Tengah (Loteng) H.L. Pathul Bahri,S.IP., berharap gelaran event MotoGP mendatang lebih semarak lagi. Penyelenggaran balap sendiri akan bertepatan dengan peringatan HUT Loteng. Untuk itu, sebagai pendukung Pemkab Loteng berencana menggelar sejumlah event budaya.  Salah satu kesenian Presean.

‘’Kita sedang bahas dengan MGPA, untuk gelar event presean nanti saat MotoGP. Langsung di kawasan The Mandalika,” terangnya. Nanti event presean tersebut bisa jadi event pembuka MotoGP. Selain bisa menyemarakkan event MotoGP, sekaligus memperkenal secara luas kesenian presean. (kir)