Jaring Pembalap Potensial, MGPA dan Yamaha Gelar ‘’bLU cRU Sunday Race’’ di Sirkuit Mandalika

0

Praya (Suara NTB) – Sebanyak sekitar 188 pembalap dari berbagai daerah di Indonesia ambil bagian pada ajang bLU cRU Sunday Race yang berlangsung di sirkuit internasional Mandalika, akhir pecan kemarin. Ajang tersebut digelar pabrikan Yamaha bersama Mandalika Grand Prix Assocation (MGPA) dalam usaha menjaring calon dan bibit pembalap potensial masa depan Indonesia. Yang ke depan bisa diandalkan untuk berbagai ajang balap nasional hingga dunia.

Beberapa kelas yang dipertandingkan antaranya Kelas sport 150 dan 250 komunitas dan profesional. Kemudian ada juga kelas superstock up to 1000cc, kelas MX King 150 serta Aerox 155 community. Sejumlah pembalap nasional juga turut tampil pada ajang yang pertama kali digelar di Pertamina Mandalika International Circuit.

“Ada sekitar 15 pembalap nasional yang ambil bagian di ajang ini. Seperti Galang Hendra, Andi Fadli, Wahyu Ajie, Wahyu Nugroho hingga juara ARRC kelas UB150, Arai Agaska. Ditambah beberapa pembalap muda lainnya,” terang Manager Yamaha Racing Indonesia, Wahyu Rusmayadi, Minggu, 20 Agustus 2023.

Pemilihan Sirkuit Mandalika sebagai lokasi balapan sendiri untuk menaikkan level event bLU cRU Yamaha Sunday Race itu sendiri. Karena tahun 2022 lalu event tersebut digelar di sirkuit lain. “Tujuan utama event bLU cRU Yamaha Sunday Race ini untuk mencari bibit pembalap muda di kelas R15 junior pro dan kelas lainnya. Berlangsung selama tiga hari sejak Jumat, 18 Agustus 2023,” jelas Wahyu.

Tidak hanya balapan, event tersebut juga dirangkaina dengan berbagai kegiatan pendukung. Seperti touring community, anniversary community hingga service gratis bagi masyarakat. Ada juga test ride, music performance, modification contest serta exhibition booth. Yang bertujuan lebih memperkenalkan dunia otomotif bagi masyarakat luas.

Terpisah, Manager Motor Sport MGPA Denny Pribadi menambahkan, bagi MGPA sendiri keberadaan event tersebut sangat besar manfaatnya. Selaian bisa ikut mendukung pembinaa calon pembalap nasional. Juga bisa memberi dampak positif bagi peningkatan kualitas sirkuit Mandalika. Khususnya lintasan sirkuit.

Karena dengan hadirnya para pembalap di lintasan sirkuit, bisa memperlebar dan mempertebal racing line sirkuit. Dengan terbentuknya racing line yang sempurna tersebut membuat lintasan sirkuit Mandalika semakin bagus. “Adanya event ini sekaligus bisa memperlebar area racing line dan menciptakan pembalap-pembalap baru di sirkuit Mandalika,” imbuh Denny.

Dengan begitu akan membuat sirkuit Mandalika semakin siap menggelar event-event balapan kedepanya. Termasuk balapan dunia sekelas MotoGP dan balapan dunia lainnya. (kir)