Wabup KSB Pimpin Upacara HUT RI Ke-78

0
Wabup Fud Syaifuddin menyerahkan bendera merah putih kepada petugas pengibar bendera pada upacara HUT RI ke-78.(Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menggelar upacara peringatan HUT Republik Indonesia ke-78 tahun 2023 yang dipusatkan di lapangan Graha Fitrah kantor bupati KSB, Kamis, 17 Agustus 2023.

Kegiatan upacara itu dipimpin langsung oleh wakil bupati, Fud Syaifuddin yang beritindak sebagai inspektur upacara. Sementara peserta upacara dihadiri jajaran Forkopimda, kepada dinas, pegawai dinas dan masyarakat serta para tamu undangan Pemda KSB.

Kegiatan upacara diawali dengan pembacaan teks proklamasi oleh Wakil Ketua DPRD KSB, H. Abidin Nazar, serta penyerahan bendera merah putih kepada pasukan paskibra oleh Wabup dan dilanjutkan pengibaran sang merah putih.

Dalam pidatonya, Wabup, Fud Syaifuddin menyatakan, bahwa upacara yang diadakan setiap 17 Agustus ini merupakan wujud penghormatan dan penghargaan atas nilai perjuangan para pahlawan kusuma bangsa dalam merebut kemerdekaan. Meski kemudian pengorbanan itu pada dasarnya tidak akan pernah dapat tergantikan. “Perjuangan para pahlawan kita sangat besar. Mereka berkorban dengan darah dan nyawa serta air mata demi Indonesia berdaulat dan bermartabat,” katanya.

Kemerdekaan yang diraih saat ini, kata Wabup, bukanlah sekedar bebas dari penjajahan. Namun menurut Wabup juga sebagai amanah kepada generasi bangsa saat ini dan ke depannya untuk memelihara, menjaga dan terus memajukannya agar Indonesia kokoh dan mampu bersaing dengan negara lainnya di dunia. “Mempertahankan kemerdekaan sekarang ini tantangannya lebih besar dan kompleks. “Globalisasi,  teknologi dan banyak dinamika lainnya bisa menjadi ancaman. Tapi kita harus kuat mempertahankan  kemerdekaan ini karena dipundak kitalah tanggung jawab itu dan berikutnya anak cucu kita,” cetus Wabup.

Wabup selanjutnya menyampaikan tema HUT Kemerdekaan tahun ini, yaitu Terus Melaju untuk Indonesia Maju agar tidak sekedar dimaknai sebagai sebuah slogan. Ia menyatakan, tema itu menyiratkan banyak harapan bangsa kepada seluruh masyarakat Indonesia. Bahwa kemajuan bangsa itu berada pada kecepatan masyarakatnya melakukan berbagai inovasi agar dapat beradaptasi dengan perkembangan jaman yang semakin kencang. “Terakhir mari kita bersama-sama bahu membahu untuk terus membangun negeri ini. Apapun sumbangsih kita insyallah akan menjadi bagian dari usaha kita memperkokoh negeri ini dan itu dapat dimulai dari hal-hal sekecil apapun,” sebut Wabup menutup pidatonya. (bug)