PT STM Berikan Beasiswa D1 Teknik Alat Berat untuk 100 Warga Dompu

0
Ulya Defretes, Manager Community Relation PT STM (Kiri) berjabat tangan dengan Dr. Ir. H. Amry Rakhman, M.Si. Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah-BRIDA NTB (Kanan) saat penandatanganan kerja sama dua lembaga untuk program beasiswa yang disponsori oleh PT STM beberapa waktu lalu. (Suara NTB/ist)

Dompu (Suara NTB) – PT Sumbawa Timur Mining (STM), perusahaan patungan antara Eastern Star Resources Pty Ltd dan PT Antam Tbk., bersama Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengumumkan proyek percontohan untuk meluncurkan program beasiswa baru. Beasiswa ini bertujuan untuk mengembangkan bakat dan memberikan kesempatan pendidikan di bidang pengoperasian alat berat.

Dengan komitmen terhadap pembangunan berkelanjutan dan pemberdayaan masyarakat, PT STM menyadari pentingnya berinvestasi di bidang pendidikan dan mengembangkan tenaga – tenaga profesional terampil. Mereka nantinya dapat berkontribusi terhadap kemajuan industri pertambangan.

Melalui program beasiswa ini, perusahaan bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendukung individu-individu yang memiliki minat dalam bidang teknik alat berat dan keinginan untuk berkontribusi pada pertumbuhan sektor pertambangan.

Bede Evans, Direktur Utama PT STM dalam siaran pers yang diterima Suara NTB, Senin, 14 Agustus 2023 mengatakan bahwa program beasiswa ini merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk membantu mengembangkan kualitas sumber daya manusia, khususnya bidang pendidikan di wilayah Kabupaten Dompu.

“Kami percaya bahwa mengembangkan talenta lokal sangat penting untuk kesuksesan dan keberlanjutan jangka panjang sektor pertambangan. Melalui program beasiswa ini, kami bertujuan untuk mempromosikan keberagaman dan inklusi dalam industri ini, memberdayakan individu dari berbagai latar belakang untuk mengejar karir di bidang teknik alat berat dan berkontribusi pada kemajuan sektor pertambangan,” katanya.

Dia menjelaskan bahwa program beasiswa ini akan mendanai pendidikan 100 warga Kabupaten Dompu untuk menjalani studi pada diplomasi satu (D1) teknik alat berat. Setelah menyelesaikan studi, mereka akan dibekali dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk bekerja di industri pertambangan atau industri terkait lainnya.

Program beasiswa ini akan memberikan bantuan keuangan dan kesempatan pendidikan bagi siswa yang layak untuk mengejar gelar sarjana di bidang teknik alat berat. Program ini terbuka untuk lulusan SMA, MA, dan SMK dengan KTP Kabupaten Dompu.

Kandidat penerima beasiswa dipilih berdasarkan prestasi akademik yang luar biasa, etos kerja yang kuat, dan minat yang tulus dalam industri pertambangan. Kandidat akan diseleksi oleh Badan Riset dan Inovasi Daerah NTB (BRIDA) dan Akademi Komunitas Olat Maras (AKOM) Sumbawa, sebuah perguruan tinggi vokasi yang menawarkan program diploma (D1) di bidang Teknik Alat Berat.

Bagi calon peserta yang berminat dapat mencari informasi lebih lanjut dari BRIDA dan AKOM. Selain dukungan finansial, program beasiswa ini juga akan membuka kesempatan bagi para peserta untuk berkarir di berbagai perusahaan yang membutuhkan tenaga ahli di bidang alat berat, baik di PT STM maupun perusahaan lainnya.

Inisiatif ini akan memungkinkan para penerima beasiswa untuk mendapatkan pengalaman praktis, meningkatkan kemampuan teknis, dan menjalin hubungan yang berharga dalam industri pertambangan. “Komitmen PT STM adalah untuk memberikan manfaat bagi sumber daya manusia di wilayah Dompu sehingga masyarakat setempat dapat menjadi bagian dari pengembangan Proyek Hu’u,” lanjut Evans.

Program beasiswa ini merupakan salah satu bentuk komitmen PT STM untuk memajukan pendidikan di NTB. Sebelumnya, perusahaan telah memberikan beasiswa kepada para mahasiswa asal Kecamatan Hu’u, program pendampingan bagi para guru, dan edukasi pertanian ramah lingkungan bagi anak-anak sekolah.

Selain beasiswa khusus alat berat, PT STM juga memberikan beasiswa prestasi kepada 40 penerima beasiswa tahun ini. Beasiswa prestasi diberikan kepada mahasiswa berprestasi dengan nilai IPK tinggi dari Kabupaten Dompu.

Para penerima beasiswa ini sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi negeri maupun swasta, dan diprioritaskan bagi mereka yang mengambil jurusan yang berkaitan dengan pertambangan dan pendukungnya. Pengumuman penerima beasiswa prestasi akan dilaksanakan pada tanggal 29 September 2023.

Sebelumnya, sebagai pengakuan atas program – programnya yang berfokus pada pendidikan, Corporate Forum for CSR Development (CFCD) dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia memberikan dua penghargaan kepada PT STM dalam acara Sustainability Development Goals Award (ISDA) 2022. Dua penghargaan tersebut adalah Gold Award untuk Program Pemberantasan Buta Aksara dan Gold Award untuk Program Peningkatan Kualitas Pendidikan. (ula)