DLH KSB Cek Kesehatan Petugas Kebersihan

0

Taliwang (Suara NTB) – Untuk memastikan performa kegiatan penanganan sampah di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat melakukan pengecekan kesehatan kepada para petugasnya.

Kegiatan pengecekan kesehatan secara menyeluruh itu digelar bekerja sama dengan Puskesmas Taliwang. Sekretaris DLH KSB, Mars Anugerahinsyah mengatakan, para petugas yang dicek kesehatannya meliputi tenaga kebersihan, pertamanan dan petugas Tempat Pembuangan Akhir (TPA). “Jadi semuanya kami arahkan mengikuti pengecekan kesehatan,” katanya, Senin, 14 Agustus 2023.

Pengecekan kesehatan ini sebagai bentuk apresiasi kepada para petugas kebersihan. Mars menyebutkan, banyak dari para petugas yang mengeluhkan pada penglihatan dan pernapasannya. “Mudah-mudahan dengan layanan ini semua petugas lapangan kita kesehatannya selalu terjaga,” paparnya.

Mars selanjutnya mengatakan, kesehatan para petugas kebersihan sangat rentan. Sebab setiap harinya mereka terus bergelut dengan sampah. “Namanya sampah kan penuh bakteri yang bisa menjangkit pada petugas kapan pun,” cetusnya.

Pada bagian lain, mantan sekretaris Bappeda ini menjelaskan, upaya penanganan sampah saat ini terus ditingkatkan. Selain sarana dan prasarana dari sisi sumber daya manusia (SDM) pun turut ditingkatkan. “Peralatan tanpa operator (petugas) yang mumpuni kan juga tidak bisa maksimal. Jadi keduanya harus terus kita tingkatkan,” imbuhnya.(bug)