Sukses Gelaran Perdana, Sirkuit Mandalika Dapat Kontrak Penyelenggaraan ARRC hingga 2025

0

Praya (Suara NTB) – Sirkuit internasioal Mandalika dipastikan mendapat kontrak penyelenggaraan event Asia Road Racing Championship (ARRC) hingga 2025 mendatang. Kepastian tersebut diperoleh setelah gelaran ARRC perdana yang tanggal 11-13 Agustus kemarin sukses digelar.

Demikian diungkapkan Direktur Utama (Dirut) Mandalika Grand Prix Assocation (MGPA) Priandhi Satria, Minggu, 13 Agustus 2023. Saat memberikan keterangan pers di Sirkuit Internasional Mandalika, Priandhi mengatakan, kalau kontrak untuk penyelenggaran ARRC sudah efektif berlaku selama tiga tahun ke depan. ‘’Jadi selain MotoGP dan WSBK, kita sekarang punya balapan ARRC,’’ terangya kepada wartawan.

Kepastianya keberlanjutan event ARRC di Sirkuit Mandalika sendiri sangat berarti. Tidak hanya bagi Sirkuit Mandalika saja. Di mana sirkuit kebanggaan Indonesia ini kini memiliki sejumlah event balap dunia. Tetapi juga bagi perkembangan dunia balap di Indonesia itu sendiri.

Keberadaan ARRC sendiri telah melengkapi ekosistem event balapan di Indonesia. Mulai dari level nasional, Asia, hingga dunia. “Untuk level nasional kita punya Mandalika Racing Series (MRS), ARRC untuk level Asia serta WSBK dan MotoGP untuk level dunia,” jelasnya.

Dengan ekosistem balapan yang ada tersebut, tentunya akan sangat berarti bagi pembalap-pembalap nasional. Karena kini punya jenjang karier dan pembinaan balap yang lengkap di dalam negeri. Sehingga ke depan melalui pembinaan berjenjang tersebut Indonesia bisa melahirkan pembalap nasional yang mampu menembus level dunia.

‘’Beberapa pembalap yang mampu juara di MRS beberapa waktu lalu di Sirkuit Mandalika itu juga ikut bertanding di ARRC kali ini. Ke depan, pembalap nasional yang menjadi juara di ARRC kita harapkan bisa membalap di level yang lebih tinggi,’’ tandasnya.

Di tempat yang sama, Michael Bayu A. Sumarijanto dari Dyandra Promosindo, selaku co-promotor ARRC mengatakan, event perdana di Sirkuit Mandalika ini secara umum berlangsung sukses. Pun demikian, pihaknya mengaku masih banyak catatan yang perlu pembenahan ke depan. Terutama dari sisi promosi dan penyiapan side event balapan. Supaya event ARRC ke depan bisa semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Dengan begitu, penonton akan lebih banyak lagi yang datang untuk menonton balapan ini. ‘’Kita maklumi ini event pertama. Jadi tentunya masih banyak hal yang harus diperbaiki kedepan. Supaya event ARRC bisa semakin dikenal luas,’’ tandasnya. (kir)