BPJS Kesehatan Siap Layani Peserta CFD Selong

0
Kegiatan pelayanan dari BPJS Kesehatan kepada warga di CFD Selong.(Suara NTB/ist)

Selong (Suara NTB) – BPJS Kesehatan Cabang Selong saat ini sedang memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan masyarakat setempat secara efektif dan inovatif. Hal tersebut dibuktikan dengan digencarkannya BPJS Kesehatan Keliling yang berada di Car Free Day (CFD) Selong.

Upaya untuk mempermudah masyarakat mendaftarkan diri beserta keluarganya sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan (JKN). Kegiatan BPJS Kesehatan Keliling ini tidak hanya menyasar pendaftaran peserta baru, tetapi juga dapat melayani perubahan data peserta, sosialisasi aplikasi Mobile JKN, pemberian informasi, penanganan pengaduan serta registrasi dalam menyosialisasikan Inovasi BPJS Kesehatan. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Selong, Gusti Ngurah Catur Wiguna mengungkapkan bahwa layanan jemput bola milik BPJS Kesehatan menjadi salah satu kanal layanan unggulan karena bisa membuka ruang gerak bebas bagi peserta untuk mendapatkan pelayanan dengan mudah, cepat dan setara.

Catur menjelaskan, layanan BPJS Kesehatan melalui program BPJS Kesehatan Keliling ini dihadirkan di tempat-tempat yang sering dan ramai dikunjungi masyarakat, seperti kantor pemerintah, Puskesmas, rumah sakit, kelurahan maupun di pusat keramaian.

“Sejak awal Tahun 2023 ini, kami akan fokus melakukan kegiatan BPJS Kesehatan Keliling diberbagai lokasi strategis yang ada di Kota Selong. Selain itu, kami juga akan terus membuat jadwal BPJS Kesehatan Keliling secara rutin yang akan berkunjung di berbagai lokasi setempat,” Ungkap Catur di sela-sela kegiatan  BPJS Kesehatan Keliling di CFD Selong, Minggu, 24 Juli 2023.

Catur pun menjelaskan berbagai kemudahan yang ditawarkan pada kegiatan BPJS Kesehatan keliling ini yakni masyarakat dapat menanyakan apa saja informasi terkait Program JKN, melakukan pendaftaran menjadi peserta JKN , melakukan perubahan data kepesertaan, informasi apa saja terkait kepesertaan dirinya baik itu data peserta, anggota keluarga, atau jumlah tagihan dan pembayaran iuran, selain itu yang tidak kalah penting pada Layanan jemput bola ini yakni BPJS Kesehatan menerima penyampaian pengaduan apabila ternyata peserta pernah mendapatkan kendala saat mendapatkan pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan.

“Banyak manfaat pelayanan yang bisa didapatkan di BPJS Kesehatan keliling ini, kebanyakan orang yang tidak sempat untuk mengurus kepesertaan di kanto dikarenakan bekerja dan kesibukan lainnya, melalui BPJS Kesehatan keliling yang dilaksnakan dihari minggu, harapannya tidak lagi menjadi hambatan untuk dapat mendapatkan pelayanan. Tidak hanya berdiam di satu tempat ini saja, kami mngintruksikan para duta BPJS Kesehatan untuk menyebar melakukan edukasi di sekitar area car free day mengajak masyarakat untuk memanfaatkan program-program JKN serta mengajak masyarakat yang belum menjadi peserta JKN  untuk dapat mengurus dan mendaftarkan diri menjadi peserta JKN di BPJS Kesehatan keliling yang sudah kami sediakan” jelas Catur.

Suherman (38) yang biasa disapa Herman salah seorang pengunjung layanan BPJS Kesehatan Keliling di car free day Selong, Lombok Timur menyampaikan rasa terima kasih kepada BPJS Kesehatan Kantor Cabang Selong, karena di hari libur pun dapat melayani masyarakat dan perlakukannyapun sama seperti dikantor Cabang.

“Saya berkunjung mau olahraga sekalian mau mengurus BPJS Kesehatan anak bungsu saya, kebetulan sudah beberapa bulan saya selalu melihat Mobil BPJS Kesehatan di CFD, jadi sekalian mau mengubah lokasi fasilitas kesehatan anak saya selain itu, ada beberapa pertanyaan yang ingin saya tanyakan. Sebenarnya sudah lama saya ingin melakukan pengurusan tapi waktunya yang belum ada, karena berbenturan dengan hari kerja saya,  dikesempatan ini saya sangat bersyukur ada layanan BPJS Kesehatan keliling di hari libur. Kebetulan rumah saya dekat dengan lokasi ini, jadi bisa langsung datang untuk mencari informas,” ujar Herman.

Herman mengaku bahwa pelayanan BPJS Kesehatan Keliling sama baiknya dengan layanan di kantor BPJS Kesehatan. Menurutnya, dengan adanya layanan BPJS Kesehatan Keliling proses menjadi lebih cepat karena antriannya yang tidak banyak, selain itu meskipun saya hanya bawa KTP dan Kartu Keluarga sudah bisa dilayani, sehingga tidak ribet dan bisa kembali melanjutkan aktivitas olahraga setelah pelayanan selesai.

“Saya berterimakasih kepada pihak BPJS Kesehatan Kantor Cabang Selong, meskipun dihari libur tetap melakukan pelayanan kepada massyarakat, pelayanannyapun sama seperti pelayanan di kantor cabang,  berbagai hal yang saya butuhkan dan tanyakan di jelaskan secara lengkap, serta informasi yang disampaikan sangat jelas selain itu petugasnya pun sangat ramah dan baik” tutup Herman.(rus/*)