Polsek Utan Bantu Padamkan Kebakaran Lahan di Sabedo

0

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Personel Polsek Utan, Polres Sumbawa bersama Petugas dari Dinas Kehutanan berjibaku memadamkan api yang membakar lahan di Dusun Sabedo Atas, Desa Sabedo, Kecamatan Utan, Selasa lalu.

Kapolsek Utan Iptu M. Yusuf saat dikonfirmasi, Rabu, 9 Agustus 2023, membenarkan kejadian tersebut. Berawal dari informasi adanya titik hot spot yang menurut koordinat Titik Hotspot berada di lokasi Desa Bale Brang Kecamatan Utan. Setelah dilakukan pengecekan titik api berada di dusun, Sabedo Atas, Desa Sabedo, Kecamatan Utan.

“Setelah dilakukan pengecekan, ternyata benar terdapat lahan perbukitan yang kering telah terbakar dimana diperkirakan lahan yang mengalami kebakaran luasnya sekitar 1.5 Hektar,” sebut Kapolsek.

Dalam kegiatan itu Petugas gabungan juga bergerak cepat menuju titik api guna memadamkan api agar tidak meluas. Dengan menggunakan alat seadanya berupa ranting pohon sehingga titik api dapat dipadamkan dan tidak meluas.

Kapolsek juga menerangkan bahwa penyebab kebakaran belum di ketahui. Namun pihaknya juga menyampaikan himbauan kepada Kadus dan warga sekitar agar tidak melakukan pembersihan lahan dengan cara di bakar guna untuk mencegah terjadinya Karhutla. (arn)