Dukung Balap Motocross Dunia di NTB, XL Perkuat Jaringan 4G di Lombok dan Sumbawa

0

Mataram (Suara NTB) – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan jaringan 4G dalam kondisi prima dan siap mendukung pergelaran dunia motocross 2023 di dua lokasi di Nusa Tenggara Barat.
Kedua lokasi masing-masing di Sirkuit Samota, Kabupaten Sumbawa, 23-25 Juni 2023, lalu berlanjut ke Sirkuit Selaparang, Kota Mataram, 1-2 Juli 2023.

Dukungan XL Axiata pada event balap motor ekstrem ini sekaligus mendukung pula upaya keras pemerintah dalam membangun industri pariwisata, khususnya di NTB.
Head Network Operations XL Axiata Region East, Mochamad Irwan Harahap, mengatakan, dukungan XL Axiata pada event dunia ini juga sejalan dengan upaya XL untuk memperkuat infrastruktur dan layanan di NTB yang merupakan salah satu winning area, di mana pangsa pasar XL Axiata adalah yang paling besar.

” Kami juga terus memperkuat kualitas jaringan data di NTB, terutama Lombok dan Sumbawa, di mana saat ini jaringan 4G XL Axiata telah menjangkau 1130 desa/kelurahan di 114 kecamatan di seluruh NTB, dengan total lebih dari 5.800 BTS, termasuk lebih dari 3.300 BTS 4G,” ujarnya.

Menurut Irwan, kawasan Samota dan Selaparang yang menjadi lokasi balap motocross tersebut, sudah terjangkau jaringan 4G XL Axiata.

Potensi lonjakan trafik di kedua area ini sangat mungkin terjadi saat event balap dunia Motocross berlangsung, mengingat lonjakan trafik sempat terjadi saat event yang sama tahun lalu di Samota.

Di area sekitar Sirkuit Samota, sedikitnya ada 2 BTS 4G yang telah disiapkan untuk menjangkau sebagian besar area, termasuk sirkuit dan area wisata di sekelilingnya.

XL Axiata secara khusus juga menempatkan Mobile BTS tidak jauh dari Sirkuit Samota untuk mengantisipasi lonjakan trafik saat event balap dunia tersebut berlangsung.

Sementara itu di Sirkuit Selaparang yang berada di tengah Kota Mataram, ada sekitar 12 BTS 4G.

Peningkatan kualitas jaringan 4G tidak hanya sebatas di Samota dan Selaparang saja. Untuk area Sumbawa, XL Axiata juga memperluas jaringan 4G ke seluruh penjuru Sumbawa. Saat ini, jaringan 4G XL Axiata telah menjangkau 532 desa/kelurahan di 61 kecamatan, dan 5 kabupaten/kota di Sumbawa.

Total ada lebih dari 1.300 BTS di seluruh Sumbawa, dengan lebih dari 800 di antaranya BTS 4G.

Jumlah BTS 4G tersebut masih akan terus meningkat mengingat saat ini XL Axiata juga masih melakukan perluasan di semua kabupaten yang ada di Sumbawa.

Selain perluasan dan penambahan BTS, XL Axiata juga terus melakukan penambahan kapasitas jaringan 4G baik dari sisi radio maupun transmisi, serta melalui fiberisasi.

Kini sebagian besar BTS di Sumbawa telah terfiberisasi dan akan terus meningkat.

Sementara itu, sejak awal tahun 2022 hingga saat ini sekitar 360 BTS telah ditingkatkan kapasitasnya. Selama setahun terakhir trafik data XL Axiata di Sumbawa tetap mengalami peningkatan sekitar 31 %, dengan kenaikan trafik tertinggi ada di Kabupaten Bima.

Sedangkan untuk area di Lombok, jaringan 4G XL Axiata telah hadir melayani pelanggan di 598 desa/kelurahan, 53 kecamatan, dan 5 kabupaten/kota di Lombok.

Total ada lebih dari 4.000 BTS di seluruh Lombok, dengan sekitar 2.300 di antaranya BTS 4G.

Jumlah BTS 4G tersebut masih akan terus meningkat mengingat saat ini XL Axiata juga masih melakukan perluasan di semua kabupaten yang ada di Lombok. Kini sebagian besar BTS di Lombok telah terfiberisasi dan akan terus meningkat.

Sementara itu, sejak awal tahun 2022 hingga saat ini sekitar 800 BTS telah ditingkatkan kapasitasnya.

Selama setahun terakhir trafik data XL Axiata di Lombok tetap mengalami peningkatan sekitar 13 %, dengan kenaikan trafik tertinggi ada di Kabupaten Lombok Utara.(bul)