Siap Jajal Sirkuit Samota, Pembalap MXGP Tiba Hari Ini di Sumbawa

0

Mataram (Suara NTB) – Para pembalap Motocross Grand Prix (MXGP) mulai berdatangan ke Sumbawa pada Kamis, 22 Juni 2023 hari ini. Sementara Tim Infront, pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat, dan tim persiapan sudah berada di Sumbawa sejak dua hari yang lalu.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Sumbawa sekaligus Koordinator Lapangan MXGP Samota 2023, Lalu Suharmaji Kertawijaya mengatakan, bukan hanya tim Infront saja, tetapi Mr Nicholas sebagai penanggung jawab track Sirkuit Samota sudah seminggu berada di Sumbawa.

“Tim dan lainnya hadir duluan untuk melihat kondisi dan persiapan dari sirkuit Samota tersebut,” kata Lalu Suharmaji Kertawijaya Rabu, 21 Juni 2023.

Menurutnya, para pembalap akan datang di Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin melalui enam flight, dari Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) Lombok.

“Pesawat hanya bisa mendarat di Sumbawa dengan pesawat ATR saja sehingga membagi menjadi 6 flight mulai dari jam 9 pagi kemungkinan hingga 4 sore sudah di Sumbawa,” jelasnya.

Selanjutnya, pada hari Jumat 23 Juni 2023 pagi, tim penyelenggara akan melakukan tes track untuk menjajal lintasan Sirkuit Samota sekaligus membuka box kendaraan yang harus disaksikan oleh tim penyelenggara.

‘’Pembukaan box kendaraan harus disaksikan langsung oleh tim penyelenggara, Bea Cukai, karena ini merupakan salah satu SOP dari Pemerintah,’’ imbuhnya.

Sementara itu, National Media Officer of MXGP, Baiq Yulia Fatmawati mengatakan, hari Sabtu 24 Juni 2023 merupakan sesi  kualifikasi, dan final pada hari Minggu 25 Juni 2023.

‘’Jadwal race pembalap di hari Sabtu 24 Juni untuk tahap kualifikasi sirkuit Samota, Sabtu 1 Juli di Sirkuit Selaparang, dan untuk tahap final di hari Minggu 25 Juni di Sirkuit Samota, Minggu depan 2 Juli di Sirkuit Selaparang,’’ jelasnya. (ris)