Hari Ini, Jemaah Haji Kloter Terakhir Embarkasi Lombok Berangkat ke Tanah Suci

0

Mataram (Suara NTB) – Kelompok Terbang (Kloter) 13 Embarkasi Lombok sudah masuk ke Asrama Haji NTB pada Rabu, 21 Juni 2023. Ini merupakan kloter campuran yang berasal dari 10 kabupaten/kota di NTB.

“Daerah asal jemaah haji di kloter campuran ini berasal dari Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Barat, Mataram, KLU, Sumbawa,KSB, Dompu, Kabupaten Bima dan Kota Bima,” kata Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi NTB H. Zamroni Aziz kepada wartawan, Rabu, 21 Juni 2023.

Adapun jumlah jemaah ditambah dengan petugas di kloter 13 ini sebanyak 289 orang. Karena semua jemaah berasal dari seluruh kabupaten/kota di NTB, maka kloter 13 ini disebut juga Kloter Sasambo.

Jika dirincikan, jemaah Kabupaten Lombok Tengah sebanyak 112 orang, Kabupaten Lombok Timur sebanyak 111 orang, jemaah dari Kabupaten Lombok Barat sebanyak 16 orang, jemaah Kota Mataram sebanyak 14 orang jemaah.

Selanjutnya, jemaah dari Kabupaten Lombok Utara sebanyak 6 orang, jemaah Kabupaten Sumbawa hanya 1 orang, jemaah Kabupaten Sumbawa Barat 8 orang, dari Dompu sebanyak 2 jemaah, Kabupaten Bima 10 jemaah serta Kota Bima 5 jemaah.

 Para petugas Kloter Sasambo ini terdiri dari Ketua Kloter (TPHI) 1 orang, Pembimbing Ibadah (TPIHI) 1 orang dokter (TKHI) 2 orang. Sehingga jumlah petugas sebanyak empat orang petugas.

Adapun jumlah jemaah yang masuk kategori lanjut usia di Kloter 13 sebanyak 60 jemaah. Jemaah tertua atas nama  Marilah Amaq Kederep usia 88 tahun asal Lombok Timur. “Jemaah termuda bernama Ihwananta Amni Solihin usia 22 tahun asal Lombok Tengah,” terangnya.

Adapun jadwal keberangkatan kloter terakhir hari Kamis 22 Juni 2023 pukul 16:35 Wita dengan maskapai Garuda Indonesia Flight Number GA5113.(ris)