FK Unram Matangkan Pembukaan Prodi Spesialis Neurologi Lewat Studi Banding

0

Mataram (Suara NTB) – Fakultas Kedokteran Universitas Mataram (FK Unram) dalam beberapa tahun ini mendirikan berbagai program studi (Prodi) untuk membantu pemenuhan dokter spesialis di Indonesia Bagian Timur. Salah satu Prodi yang akan dikembangkan adalah Prodi Pendidikan Dokter Spesialis Neurologi.

Dalam rangka peningkatan kualitas mutu program studi, tim pendirian melakukan studi banding ke Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Neurolog Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud) Denpasar, Bali, Kamis, 15 Juni 2023.

Tim FK Unram diwakili oleh dua staf pengajar Neurologi yakni Dr. dr. Herpan Syafi’i H, SpN (K), dr. Ilsa Hunaifi, SpN (K), didampingi oleh dr. Nurhidayati, M.Kes., sebagai perwakilan Gugus Penjaminan Mutu dan Khaeratun Nisa, AMd., Kep., sebagai tenaga kependidikan. Tim diterima oleh Dekan FK Unud, Dr. dr. Komang Jauartha Putra Pinatih, M.Kes., dan Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan Dr. dr. I Gede Eka Wiratnaya, SKed, SpOT(K).

Dalam studi banding tersebut Dekan dan Wakil Dekan Bidang Akademik FK Unud menyambut baik rencana pembukaan PPDS Neurologi FK Unram serta memfasilitasi komunikasi dengan PPDS Neurologi untuk pengembangan PPDS Neurologi FK Unram

Setelah diterima oleh pimpinan FK Unud, kunjungan studi banding berlanjut ke PPDS Neurologi FK Unud. Rombongan FK unram diterima Kepala Departemen Neurologi FK Udayana/RSUP Prof. Dr. IGNG Ngoerah, Prof. Dr. dr. I Made Oka Adnyana, SpS (K), Ketua Program Studi Dr. dr. I Putu Eka Widyadharma, SpS (K) dan beberapa staf antara lain Prof. Dr. dr. Dewa Putu Gede Purwa Samatra, SpS (K), Prof. Dr. dr. Anak Agung Raka Sudewi, SpS (K), Dr. dr. Desak Ketut Indrasari Utama, SpS (K).

Herpan Syafi’i mengatakan, dalam diskusi bersama yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Prof Ngoerah, tim pengembangan PPDS Neurologi banyak belajar dalam proses seleksi peserta calon dokter spesialis Neurologi, pengembangan SDM, keunggulan program studi yang diselaraskan dengan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan pemetaan.

“Di samping itu kami belajar mengenai penyebaran topik unggulan prodi dalam mata kuliah sekaligus untuk pemenuhan akreditasi, proses pemberian reward dan punishment peserta didik serta pengelolaan tugas dari tenaga kependidikan. Tenaga kependidikan FK Unram juga belajar bagaimana pengelolaan administrasi di Prodi untuk menunjang kelancaraan Prodi,” ujarnya.

Diskusi diakhiri dengan Pemberian Plakat FK Unram kepada Ketua Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Neurologi FK Unud serta foto bersama. (ron)