Hari Ini, Pengumuman UTBK-SNBT 2023

0

Mataram (Suara NTB) – Pengumuman hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) tahun 2023 akan diumumkan pada Selasa, 20 Juni 2023 hari ini. Peserta dapat mengakses pengumuman mulai pukul 15.00 WIB atau pukul 16.00 Wita hari ini melalui laman utama atau 36 laman mirror yang telah disediakan.

Humas Unram yang juga Humas PMB Unram, Khairul Umam pada Senin, 19 Juni 2023 mengatakan, pada 20 Juni 2023 secara resmi hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Tes diumumkan. “Pastikan peserta menggunakan data yang sesuai dengan kartu peserta sebagai informasi untuk mengakses pengumuman,” ujar Umam.

Laman utama untuk mengakses pengumuman UTBK-SNBT dapat diakses melalui https://pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Sementara untuk laman mirror Unram dapat diakses di https://snbt.unram.ac.id.

Umam menambahkan, informasi lengkap seputar SNPMB Tahun 2023 dapat diakses langsung melalui laman https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dan media sosial @_snpmbbppp.

Sebelumnya, UTBK-SNBT gelombang I yang berlokasi di Unram diikuti oleh 7.359 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Ujian gelombang I tersebut berlangsung sejak Senin, 8 Mei 2023 hingga Minggu, 14 Mei 2023 sebanyak 13 sesi ujian.

Sedangkan gelombang II diikuti oleh 4.509 peserta. Ujian gelombang II tersebut berlangsung sejak Senin, 22 Mei 2023 hingga Jumat, 26 Mei 2023 sebanyak 9 sesi ujian.

Peserta yang mendaftar ujian di Unram tersebar dari berbagai provinsi di Indonesia, di antaranya didominasi dari Provinsi Nusa Tenggara Barat, disusul oleh provinsi Nusa Tenggara Timur dan Bali, serta beberapa provinsi lainnya seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Papua Barat.

Sebelumnya, pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 telah dilaksanakan pada 14 Februari sampai dengan 28 Februari 2023. Pendaftaran SNBP yang merupakan rangkaian pertama dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) ini hanya bisa diikuti oleh siswa yang eligible atau berhak mendaftar SNBP dari pihak sekolah dan wajib telah memiliki akun SNPMB.

Ketentuan SNPMB tertuang dalam Merdeka Belajar Episode Kedua Puluh Dua: Transformasi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 48 tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri.

Dalam ketentuan itu dinyatakan bahwa transformasi Pendidikan Tinggi di Indonesia yang sekarang ini tengah berjalan bertujuan untuk membentuk lulusan yang memiliki kompetensi multidisiplin dan memiliki dasar yang kuat terhadap disiplin ilmu utama setiap program studinya. SNPMB terdiri dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNPB), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi secara mandiri oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN). (ron)