Lepas JCH, Bupati Minta Doa untuk Kebaikan KSB di Tanah Suci

0

Taliwang (Suara NTB) – Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) resmi dilepas bupati, H. W. Musyafirin pada, Sabtu, 17 Juni 2023. Dalam acara pelepasan yang diselenggarakan di Masjid Agung Darussalam TC itu, bupati meminta kepada jamaah agar menyematkan dalam doanya untuk kebaikan daerah selama berada di tanah suci nantinya.

“Doakan kami, diri kita dan keluarga. Dan doakan juga daerah kita ini agar menjadi daerah yang baldatun toyyibatun warabbun ghafur,” kata bupati di sela sambutannya.

Menurut bupati, ibadah haji adalah ritual agama yang sangat sakral, berat dan penuh perjuangan. Tidak hanya ketika sudah berada di tanah suci, tetapi perjuangan untuk bisa berangkat memenuhi rukun Islam kelima itu sudah dimulai sejak masih di tanah air. “Yang bisa kesana hanya yang dimampukan oleh allah. Belum tentu orang yang mampu secara finansial akan dipanggil,” katanya.

Bupati mengingatkan para jamaah untuk selalu menjaga kondisi kesehatan. Stamina kata bupati menjadi salah satu faktor penting yang harus dijaga selama menjalani tahapan ritual haji. Karena itu para jemaah agar mentaati aturan dan mengikuti seluruh anjuran pendamping.

“Saya berharap kepada pendamping dan tenaga kesehatan kami titip jamaah yang lansia terutama. Dan jamaah yang sekiranya masih muda (kuat) tolong bantu jamaah yang sudah tua agar bisa mengikuti seluruh rangkaian berhaji,” tandas bupati.

JCH KSB dilepas oleh bupati menuju asrama Haji Lombok. Pada musim haji tahun ini, total ada 112 JCH KSB yang akan berangkat. Terdiri dari 49 orang laki-laki dan sebanyak 63 orang jamaah perempuan. Jamaah dari Sumbawa Barat berada pada Kloter LOP 10.(bug)