Prodi di Unram Didorong Kuatkan Kerja Sama Internasional

0

Mataram (Suara NTB) – Kantor Urusan Internasional Universitas Mataram (KUI Unram) mengadakan Sharing Session “Penguatan Kerja Sama Internasional Program Studi di Lingkungan Unram” di salah satu hotel di Mataram, Kamis, 15 Juni 2023.

Ketua KUI Unram, Prof. Ir. Dahlanuddin, M.Rur.Sc., Ph.D., mengatakan kegiatan ini penting diadakan karena tanggung jawab kerja sama internasional tidak hanya menjadi tanggung jawab Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi (WR 4) saja, melainkan tanggung jawab bersama termasuk program studi (prodi) yang ada di lingkungan Unram.

“Hari ini fokus kita adalah bagaimana menguatkan prodi-prodi untuk mampu secara mandiri difasilitasi oleh WR 4 dan KUI untuk melakukan kerja sama-kerja sama dengan berbagai lembaga,” ungkap Prof. Dahlan.

Sejalan dengan yang disampaikan Ketua KUI, WR 4  Unram, Prof. Akmaluddin, S.T., M.Sc.(Eng.), Ph.D., juga ingin jumlah prodi-prodi yang melakukan kerja sama internasional bisa meningkat.

“Mudah-mudahan melalui sharing session hari ini akan memunculkan ide dan strategi baru. Sehingga tidak hanya beberapa prodi saja yang dapat melakukan kerja sama internasional, tetapi semua prodi yang ada di Unram. Dengan begitu visi Unram juga bisa tercapai,” harapnya.

Acara sharing session itu diisi dengan beberapa penyampaian materi, di antaranya terkait tugas pokok dan fungsi KUI dalam kerja sama internasional oleh Ketua KUI; International Credit Transfer Program (ICTP) oleh Dr. Santi Farmasari, M.Ed.TESOL (Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris); Internationalization Programs to Achieve MBKM oleh Prof. Dr. Muhammad Sood, SH., MH. (Kaprodi Hubungan Internasional); dan Unit Kerja Sama FK Unram oleh dr. Dewi Suryani, M.Infect.Diss (Ketua Gugus Kerja Sama Fakultas Kedokteran). (ron)