Warga Daha Ikut Bersih Lingkungan Bersama PT STM

0

Dompu (Suara NTB) – Warga masyarakat Desa Daha bersama pemerintahan desanya melakukan aksi gotong royong bersama yang diinisiasi PT Sumbawa Timur Mining (STM), Jumat, 15 Juni 2023. Warga mengawali aksi bersih-bersih dengan menyapu halaman rumah dan sampahnya dikumpulkan di pinggir jalan.

Tim manajemen PT STM bersama kontraktor yang membawa karung dan alat kebersihan lainnya, langsung memasukan sampahnya ke dalam karung dan diangkut menggunakan mobil sampah milik pemerintah Desa Daha.

Kekompakan dan antusiasme ibu – ibu, pemuda, dan pemerintah Desa Daha bersama tim dari PT STM ini membuat sampah di sepanjang jalan lingkungan langsung bersih. Wargapun memberikan apresiasi atas perhatian dan dukungan PT STM. “Kami merasa bersyukur atas kehadiran PT STM. Semua mendapat perhatian dari PT STM, termasuk mendorong masyarakat menjaga kebersihan lingkungan dan kami tetap memberikan dukungan,” kata Suradin, kepala Dusun Tolo Ndaja Desa Daha Kecamatan Hu’u, Jumat, 16 Juni 2023.

Mahdon, dari Community Relation (Comrel)  PT STM menyampaikan rasa syukur dan terimakasihnya, karena program bersih-bersih lingkungan yang dijalankan pihaknya mendapat dukungan penuh dari warga dan pemerintah desa. Program ini dalam rangka menjaga lingkungan tetap bersih dan asri, sehingga berimplikasi kepada kesehatan masyarakat.

“Program bersih-bersih ini menjadi agenda rutin pihaknya setiap Jumat pagi yang dilaksanakan di setiap desa se Kecamatan Hu’u. Harapannya dapat memotivasi warga untuk sama – sama menjaga kebersihan lingkungan  untuk kesehatan bersama,” katanya.

Mahdon meyakinkan, kebersihan lingkungan memiliki korelasi dengan kesehatan. Karena banyak penyakit yang bersumber dari lingkungan yang kotor. Apalagi sampah plastik, sampai saat ini belum ditemukan teknologi untuk menguraikannya.

Gerakan bersih-bersih lingkungan setiap Jumat pagi oleh PT STM ini juga dalam rangka mendukung program pemerintah daerah (Pemda) Dompu. Diantara gerakan masyarakat yang didorong Pemda Dompu yaitu Dompu Berjasa. Yaitu mewujudkan Kabupaten Dompu yang Jumat Bersih, Sabtu HiJau, dan Minggu Sehat. (ula)