Unram Teken MoU Bersama ACIAR untuk Perkuat Kerja Sama Riset

0

Mataram (Suara NTB)Universitas Mataram (Unram) memperkuat kerja sama riset dengan The Australian Centre for International Agricultural Research (ACIAR). Kerja sama tersebut ditandai dengan Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor Unram dan Chief Executive Officer (CEO) ACIAR, Prof. Andrew Campbell di Kedutaan Besar Australia di Jakarta pada Rabu, 14 Juni 2023.

Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D., menyampaikan bahwa Unram adalah universitas yang memiliki sejarah terpanjang di antara universitas-universitas lain di Indonesia dalam melaksanakan penelitian yang didanai oleh ACIAR secara terus menerus selama lebih dari 20 tahun.
“Biasanya kolaborasi kami dilakukan berdasarkan MoU antara ACIAR dan Kementerian Pertanian. Saya sangat senang, kali ini kami telah menandatangani MoU secara langsung dengan ACIAR. Kami berharap dapat segera mengimplementasikan proyek baru ACIAR yang bertajuk Pertanian untuk Pariwisata,” jelas Prof. Bambang.

Penandatangan MoU tersebut disaksikan langsung oleh Duta Besar Australia HE Mrs Penny Williams. Dikatakan, MoU tersebut merupakan payung kerja sama riset bidang pertanian, termasuk pertanian tanaman pangan, hortikultura, peternakan, perikanan, perkebunan dan kehutanan.

Unram akan menindaklanjuti kerja sama riset itu dengan dikoordinir langsung oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unram dan ditindaklanjuti oleh Center for Sustainable Farm Systems (Cesfarms) Unram.
Lebih lanjut, ACIAR juga akan mendanai kerja sama riset antara University of Adelaide Australia dengan Unram, Universitas Udayana (Unud) dan Universitas Sam Ratulangi (Unstrat) mulai 1 Juli 2023 sampai dengan 30 Juni 2028.

Penandatanganan MoU tersebut turut dihadiri oleh Rektor Universitas Diponegoro, Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Udayana dan para peneliti dari masing-masing universitas. (ron/*)